Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung: Peraih Medali Perak Karate Kumite Putri kelas 68 kg di Sea Games 2019 Filipina
last updated 19-05-2020
Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung: Peraih Medali Perak Karate Kumite Putri kelas 68 kg di Sea Games 2019 Filipina
JAKARTA, UKI
Aktivitas perkuliahan di Prodi Ilmu komunikasi Fisipol UKI tidak menghalangi Ceyco Georgia Zefanya sebagai atlet karate nasional Indonesia untuk mencatat prestasi terbaiknya. Tahun lalu di Sea Games Manila, Filipina ia menyumbang medali perak untuk Indonesia. 

“Tentunya ada dukungan dan motivasi yang sangat besar dari kampus dan prodi ilmu komunikasi untuk aktivitas olahraga ini. Selain itu mereka juga memberi toleransi yang sangat tinggi karena kondisi saya sebagai atlet,” cerita dia.

Ceyco pertama kali membawa nama Indonesia untuk kejuaraan di Asia Tenggara ketika usianya masih 15 tahun, dan sejak itu ia banyak meraih prestasi di banyak kejuaraan tingkat nasional maupun Asia.

“Saya terbiasa hidup disiplin dan cepat dalam mengambil keputusan sejak berlatih karate. Kesempatan meraih beasiswa juga terbuka lebar dari prestasi-prestasi yang telah saya capai. Dari pertandingan yang saya ikuti, saya memiliki banyak relasi dari dalam maupun luar negeri, “ ujar Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung di sela-sela kesibukan perkuliahan dan pertandingan karate.

Dalam kehidupan sehari-harinya dan terutama menjelang pertandingan, Ceyco tidak begadang, minum vitamin dan makan makanan bergizi tinggi untuk menjaga stamina.

Selama masa pandemi ini, Ceyco tidak mengurangi porsi latihan bersama teman-teman atlit lainnya. Ia tetap latihan setiap hari dan dipantau oleh para pelatih melalui aplikasi Zoom. 

“Saya tetap menjalankan perkuliahan dan latihan dengan maskimal. Hanya saja, kalau misalnya saya masuk ke Training Camp atau ada pertandingan ke luar negeri,biasanya saya komunikasikan dengan prodi ilmu komunikasi untuk mencari cara agar perkuliahan saya tetap bisa maksimal,” jelas Ceyco yang sudah ikut karate sejak berusia 5 tahun.

Keluarga Ceyco selalu mendukung saya sepenuhnya sebagai atlet karate nasional, seperti mengantarkannya latihan setiap hari dan mendoakan saat pertandingan. Cidera ringan saat berlatih dan bertanding merupakan hal yang sudah biasa bagi Ceyco. (ics)

(Ida Simatupang)