Joy Tobing Bisa Menjiwai Lagu dengan Belajar di Fakultas Sastra UKI
last updated 12-05-2020
Joy Tobing Bisa Menjiwai Lagu dengan Belajar di Fakultas Sastra UKI
JAKARTA, UKI
Sebagai seorang penyanyi, Joy Tobing meningkatkan kemampuan dan kualitas teknik vokal dengan terus berlatih. Joy Tobing membuktikan selain bernyanyi, ia memiliki ilmu pengetahuan yang ia terapkan dalam kehidupan profesionalnya. 
 
“Saya merasakan manfaat ilmu yang saya dapatkan selama berkuliah di Fakultas Sastra UKI dan saya terapkan dalam dunia tarik suara. Seorang penyanyi wajib memahami apa arti dari syair lagu yang dinyanyikan, sehingga ia mampu menjiwai lagu tersebut.  Selain itu, seorang penyanyi wajib bernyanyi dengan artikulasi pengucapkan kata-kata yang jelas. Saya juga mempelajari hal tersebut dari Fakultas Sastra UKI,” ujar alumni FS UKI tahun 2006 ini.

Artis jebolan Indonesian Idol tahun 2004 ini telah membuktikan sebagai penyanyi yang berkualitas dengan banyak penghargaan yang diperolehnya. 

Semasa Joy Tobing menjadi mahasiswa UKI, ia memiliki aktivitas yang padat sebagai penyanyi dan tidak banyak mengikuti kegiatan di luar jadwal perkuliahan. Namun Joy selalu terlibat dalam acara musik dan ibadah di kampus UKI.

Baginya, UKI memang adalah kampus yang hebat karena memiliki para dosen yang berkualitas di setiap jurusan. Para alumni UKI pun selalu mampu bersaing sehat dengan hasil yang baik. UKI memiliki solidaritas yang kuat di tengah keberagaman mahasiswanya dari berbagai suku dan agama.  Keberagaman yang memberi pelajaran untuk saling menghormati dan menghargai.

Di tengah situasi pandemi covid 19 ini, Joy tetap aktif melakukan kegiatan sosial dengan bernyanyi dan pelayanan dari rumah. Ia baru saja menyelesaikan rekaman untuk single terbaru Pop Indonesia dan juga Pop Rohani. Joy Tobing turut merekam lagu-lagu kemanusiaan yang berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19 bersama teman-teman artis lainnya. 

“Pandemik Covid 19 ini pun memberikan dampak bagi penghasilan saya. Banyak acara menyanyi yang diundur dan dibatalkan tapi Puji Tuhan, saya dan ibu saya, yang juga adalah manajer saya mampu menggunakan tabungan yang ada dengan bijaksana,” tambah dia. (ics)

(Ida Simatupang)