Pentingnya Kemampuan Public Speaking bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi UKI
last updated 27-04-2021
Pentingnya Kemampuan Public Speaking bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi UKI
UKI —
Singgih Sasongko, S.IP., M.Si, (Kaprodi Ilmu Komunikasi UKI), memberikan bimbingan kepada mahasiswa Fakultas Vokasi UKI untuk berani tampil berbicara di depan umum. 

“Awali public speaking dengan kata-kata ‘hypnotic’ atau mulai dengan kisah seputar kehidupan manusia. Bisa juga lontarkan serangkaian pertanyaan, mulai dengan kisah lucu atau dengan kutipan. Bangun rasa percaya diri kalian ! Tapi kuasai materi, lakukan latihan dan siapkan kalimat pembuka dan penutup dengan matang, “ ujar Singgih Sasongko dalam Kuliah Umum  ‘High Impressive Public Speaking Skill’, diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi UKI di Kampus UKI Cawang (24/04).

Mahasiswa Fakultas Vokasi UKI antusias mengikuti arahan dan langsung berpraktek berbicara di depan umum. “Kunci sukses public speaking adalah jaga kontak mata dan berbicara agak keras agar nyaman didengar.  Atur tempo dalam berbicara, ucapkan setiap kata dengan jelas, dan hilangkan kebiasaan latah, “ tutur praktisi public speaking ini.

Fakultas Vokasi UKI Bekerja Sama dengan Institusi Lain untuk Menangani Permasalahan Kesehatan di Masa Pandemi 

Dalam kuliah umum ini terdapat narasumber lainnya yaitu Dr. Nani Sari Murni, SKM., M.Kes yang menjelaskan materi ‘Respon Imun pada Tubuh Manusia’. 

“Pentingnya pertahanan tubuh terhadap benda asing yang menyerang. Maka dibutuhkan sistem pertahanan tubuh, baik bawaan lahir dan adaptif. Sistem imun ini selalu bekerjasama dalam pertahanan terhadap serangan benda asing, responnya berbeda-beda tergantung intensitas, waktu dan spesifitas dari benda asing  tersebut, “ ujar Dr. Nani Sari Murni yang hadir secara virtual dalam kuliah umum ini.

Dr. Ns. Rahmaya Nova Handayani, S.Kep., M.Sc, AIFO turut mengingatkan tata cara penggunaan masker yang benar. 
“Sebelum menggunakan masker, lakukan cuci tangan menggunakan sabun atau handrub. Gunakan masker bedah dengan sisi yang bewarna di sisi luar. Pastikan bagian sisi masker yang terdapat kawat berada di sebelah atas. Lalu posisikan masker menutupi seluruh bagian hidung, tarik hingga menutupi dagu. Tekuk kawat di bagian atas masker hingga mengikuti lekuk tulang hidung, “ ujar Dr. Ns. Rahmaya Nova Handayani.

“Hindari menyentuh masker selama pemakaian. Ketika melepas, tarik tali belakang masker. Segera buang masker ke tempat sampah setelah masker dilepas. Kembali lakukan cuci tangan dengan sabun setelah melepas masker,” tutur Nurse Rahmaya.