Pembangunan di Indonesia menjadi Lahan Pekerjaan Bagi Lulusan Prodi Teknik Arsitektur UKI
last updated 23-03-2021
Pembangunan di Indonesia menjadi Lahan Pekerjaan Bagi Lulusan Prodi Teknik Arsitektur UKI
UKI —
Jakarta - Lapangan pekerjaan bagi lulusan Prodi Teknik Arsitektur (TA) masih sangat luas, karena pembangunan fisik di Jawa maupun luar Jawa masih terus berjalan. Infrastruktur di daerah luar Jawa terus dibangun oleh pemerintah untuk meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah, ini yang pasti akan dilanjutkan dengan pembangunan industri, gedung, dan perumahan.

Ir. Sahala Simatupang, MT, Kaprodi Teknik Arsitektur UKI menjelaskan perihal peluang kerja yang masih terbuka luas untuk lulusan dari prodinya. Sahala menambahkan, bahwa bidang pekerjaan dari lulusan Prodi TA bisa sebagai perancang di biro konsultan atau pengembang, sebagai pembangun di perusahaan kontraktor, sebagai penilai kelayakan proyek di bank atau perusahaan asuransi.

Prodi TA UKI sudah terakreditasi A oleh BAN PT sejak tahun 2016 karena pada waktu itu sudah mempunyai tiga orang guru besar, pengajaran berjalan dengan baik, luaran penelitian dan PMK baik dan mempunyai  kekhasan yang ditetapkan, yaitu menekankan pada arsitektur berkelanjutan, dilaksanakan dalam kurikulum dan program-program Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Sahala 

“Para dosen diberi pelatihan mengajar online menggunakan MS Teams. Sedangkan untuk para mahasiswa, gambar sebagai produk dari mata kuliah studio yang biasa hardcopy diganti softcopy dan kegiatan survei yang biasa dilakukan sebagai proses pembelajaran, ditiadakan. Persyaratan maket sebagai produk sidang, dihilangkan, diganti gambar 3D dan animasi,” ujar Sahala.

Bahan material maket disediakan bagi mahasiswa yang kesulitan mendapatkannya di daerah terpencil, seperti Nias, dengan mengirim dari Jakarta untuk mahasiswa baru angkatan 2020. 

Sejauh ini, masih kata Sahala, alumni juga berkontribusi bagi mahasiswa,biasanya sebagai konsultan dalam penyediaan tempat kerja praktik. Proyek alumni juga menjadi tempat studi ekskursi, alumni juga menjadi pembicara dalam kuliah umum. “Pada saat pandemi Covid 19, alumni membantu mahasiswa dengan menyediakan kebutuhan pokok mahasiswa yang tinggal di kost,” kata dia.

Pada tanggal 25 Januari 2021, dilakukan penanadatanganan Nota Kesepahaman antara 11 Program Studi Arsitektur FT/ Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan di Jakarta tentang Kerjasama Tridarma Perguruan Tinggi. "Kerjasama ini merupakan bagian dari penerapan kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, " ujar Sahala.

(Ics)