FKIP UKI Menyelenggarakan Webinar untuk Menambah Wawasan Mahasiswa dan juga sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat
last updated 01-10-2020
FKIP UKI Menyelenggarakan Webinar untuk Menambah Wawasan Mahasiswa dan juga sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat
UKI —
Jakarta – Webinar merupakan kegiatan yang efektif sebagai penambah wawasan untuk mahasiswa yang menjadi pesertanya. Jadi wawasan tidak hanya didapat dari dosen tapi juga dari para narasumber di acara webinar tersebut.

“Sebelum masa pandemi FKIP sering melakukan workshop atau seminar dalam bentuk offline yang diikuti juga oleh dosen dan mahasiswa, namun pada masa pandemi kegiatan seminar diganti bentuk dengan webinar,” terang Ronny Gunawan,MA., M.Pd., wakil dekan FKIP UKI ketika ditanya tentang webinar yang marak dilakukan masa pandemi covid 19 ini.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan FKIP dilakukan melalui 2 macam model pada masa sekarang, lanjut Ronny, yakni pertama, Sinkronus pertemuan via online seperti teams dan zoom; kedua Ansinkronus melalui aplikasi LMS yang mudah di dapat seperti google classroom dan edmodo.

Webinar yang telah diselenggarakan FKIP UKI sebanyak 14 kali mulai 21 Maret sampai dengan 12 September 2020. Keikutsertaan di webinar bukan hanya agar mahasiswa mendapatkan ilmu dari setiap narasumber dan sertifikat untuk point SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) tapi juga sebagai kegiatan abdi masyarakat FKIP UKI dalam berbagi ilmu kepada masayarakat.

“Biasanya kegiatan webinar diikuti oleh mahasiswa sebagai tugas dari dosen dalam perkuliahan online dan mahasiswa diminta untuk memberikan risalah dari webinar tersebut,” terang Ronny lagi.

Masing-masing prodi di lingkup FKIP UKI memiliki kebebasan untuk memilih aplikasi kegiatan pembelajaran Daring yang telah disediakan oleh Fakultas dan Universitas. Dan media pembelajaran dapat dikembangkan oleh prodi sendiri sesuai keilmuan prodi dan kebebasan belajar mengajar. (ics)