Selamat dan Sukses untuk Pratiwi Dyah Kusumo,S.Si, M.Biomed sebagai Doktor Ilmu Biomedik
last updated 31-08-2020
Selamat dan Sukses untuk Pratiwi Dyah Kusumo,S.Si, M.Biomed sebagai Doktor Ilmu Biomedik
UKI —
Tenaga Pendidik Fakultas Kedokteran UKI, Pratiwi Dyah Kusumo,S.Si, M.Biomed, menjadi Doktor Ilmu Biomedik dengan predikat Cum Laude. Ujian terbuka Promosi Doktor Program Doktor Ilmu Biomedik FKUI dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom, pada tanggal 7 Agustus 2020.

Disertasi yang diujikan berjudul “Perubahan Profil Mikrobiota dengan Analisis Next Generation Sequencing (NGS) pada Perempuan dengan Konstipasi Fungsional yang Diberikan Suplementasi Lactobacillus Plantarum IS-10506”

Dengan tim promotor terdiri dari Prof. dr. Amin Soebandrio, Sp.MK., Ph.D, Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH, Prof. Ir. Ingrid Suryanti Surono, M.Sc., Ph.D. 

“Penelitian ini memberikan rekomendasi aplikasi penggunaan susu yang di fermentasi oleh Lactobacillus plantarum IS 10506 yang didasarkan pada mekanisme molekuler sebagai makanan fungsional pada wanita dengan konstipasi fungsional. Penelitian ini memiliki kekuatan mengangkat kearifan lokal, indigenous probiotic dari Sumatra Barat, yg diasumsikan sebagai makanan fungsional bagi wanita dengan konstipasi fungsional, “ ujar Pratiwi Dyah Kusumo.

Kegiatan ujian Promosi Doktor ini dihadiri oleh Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA yang memberikan ucapan terimakasihnya kepada FK UI, “Selamat atas keberhasilan Pratiwi Dyah Kusumo, atas gelar Doktor Ilmu Biomedik dari FK UI. Anugerah dari Tuhan ini akan memicu semangat Ibu Pratiwi untuk mengabdi untuk dunia pendidikan di Universitas Kristen Indonesia.”

Selamat dan Sukses untuk Pratiwi Dyah Kusumo,S.Si, M.Biomed !