Mengenang Pendiri Universitas Kristen Indonesia, Todung Sutan Gunung Mulia
last updated 18-08-2020
Mengenang Pendiri Universitas Kristen Indonesia, Todung Sutan Gunung Mulia
UKI —
Todung Sutan Gunung Mulia merupakan Menteri Pengajaran (kini Menteri Pendidikan) Indonesia kedua menggantikan Ki Hajar Dewantara pada Kabinet Syahrir I. Setelah tidak lagi menjabat sebagai Menteri Pengajaran, pria kelahiran tanggal 21 Januari 1896 di Padang Sidempuan, Sumatra Utara ini tetap fokus pada dunia pendidikan. 

Pada tahun 1953, Todung Sutan Gunung Mulia bersama Mr. Yap Thiam Hien dan Benjamin Thomas Philip Sigar mewujudkan gagasan agar umat Kristen memiliki lembaga pendidikan tinggi. Pada tanggal 15 Oktober 1953, mereka meresmikan Universitas Kristen Indonesia dengan dua fakultas: Fakultas Sastra dan Filsafat serta Fakultas Ekonomi. Dalam perjalanan pengabdiannya, didirikan Fakultas Hukum (1956), Fakultas Kedokteran (1962), Fakultas Teknik (1963), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (1994).

Rektor UKI yang pertama ini memberikan pidato dalam menyambut mahasiswa baru di UKI kala itu, “Para mahasiswa kami, mendaftarkan sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi yang baru adalah suatu langkah yang berat, akan tetapi mengandung keyakinan bahwa langkah itu tidak salah, melainkan akan membawa manfaat pada akhirnya. Keyakinan itu kami dari pihak pengurus dan pengajar akan balas dengan pengajaran dan pimpinan yang sebaik-baiknya sehingga harapan yang terkandung semula dapat kami penuhi. “

Sebelumnya, beberapa tokoh nasional yang juga adalah pemuka-pemuka Kristen Indonesia tergerak dan merasa perlu untuk mendirikan Dewan Gereja di Indonesia (sekarang PGI). Di awal kegiatannya, lembaga ini juga telah memberikan perhatian yang cukup besar pada masalah pendidikan karena saat itu bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia untuk mengisi lapangan kerja dalam berbagai aspek kehidupan. 

Ayo Kuliah di UKI !

Saat ini UKI memiliki Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Vokasi yang berlokasi di Cawang, Jakarta. Raih pula gelar Magister dan Doktor di Program Pascasarjana UKI yang berlokasi di Jalan Diponegoro Jakarta.

Sejak tahun 1953, Universitas Kristen Indonesia telah membuktikan kepada dunia pendidikan Indonesia mengenai peningkatan kualitasnya. Dengan visi menjadi universitas unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan kepada masyarakat di Indonesia dan Asia sesuai dengan nilai-nilai Kristiani dan Pancasila pada tahun 2034.

Universitas Kristen Indonesia terus melakukan perubahan dan mengembangkan diri menuju kelas dunia. UKI berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang didukung oleh fasilitas dan teknologi berstandar internasional. Kantor Urusan Internasional UKI terus bekerjasama dengan universitas di luar negeri untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa

Universitas Kristen Indonesia menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi para mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Seperti, Fakultas Hukum memiliki ruang peradilan semu yang akan melatih mahasiswa melakukan praktik di pengadilan. Ada juga fasilitas Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Prodi Keperawatan, UKI memiliki Rumah Sakit Umum yang bisa menjadi tempat belajar sekaligus praktek. 

Ada juga banyak berbagai fasilitas pelengkap seperti laboratorium sains, lapangan basket dan sepakbola, ruang pusat bahasa, radio UKI Voice, asrama, perpustakaan, koperasi, laboratorium komputer, rumah sakit, kantin, pusat bimbingan konseling.

Jangan ragu untuk berkuliah di UKI ! Ayo tunggu apa lagi, Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat menghubungi 021 8092425 ext 3258/3285, atau langsung dengan mengklik http://pmb.uki.ac.id/ atau nomor whatsapp : 0813 2000 2475. Untuk informasi terbaru dapat juga mengklik www.uki.ac.id.