FT UKI Dukung Mahasiswa Capai Target Pembelajaran
last updated 21-07-2020
FT UKI Dukung Mahasiswa Capai Target Pembelajaran
UKI —
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di kampung binaan, Kelurahan Cawang dan Kebon Pala, Jakarta Timur, sedang disiapkan untuk diteruskan kembali bersama mahasiswa FT UKI, khususnya terkait pemberdayaan anak dalam memanfaatkan masa di rumah dengan menggiatkan penghijauan dengan menanam sayuran dengan metode hidroponik  di lahan sempit.

Di semester ini, mahasiswa FT UKI mengikuti Hibah Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh DIKTI. Mereka mengirimkan proposal usulan bisnis yang akan dikerjakan dalam satu tim bernama KOLAKKE,  bersama mahasiswa dari Prodi lain yaitu kolaborasi bidang peternakan dan perkebunan dengan memanfaatkan limbah yang dihasilkan suatu produk sehingga dapat digunakan pada produk lainnya.

“Jika lolos maka proposal tersebut bisa mendapatkan pendanaan untuk modal dari pemerintah sampai dengan 40 Juta Rupiah,” terang Ir. Galuh Widati, MSc., dekan Fakultas Teknik UKI tentang kegiatan yang dilakukan mahaiswa Fakultas Teknik (FT) UKI saat ini. 

Ia akui banyak kesulitan pembelajaran daring karena mayoritas mahasiswa yang tidak bisa mengakses daring, apalagi yang sudah berada di kampung. 

Di FT Arsitektur, katanya lagi , akan dibuat modul-modul demo untuk mata kuliah yang terkait perancangan desain dan kreativitas seni. Untuk itu saat ini sudah disetujui pimpinan dan sedang di adakan kamera-kamera dimana dosen bisa siarkan di masa liburan ini. Prodi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil juga menyusul dibuatkan modul untuk demo praktek mata kuliah tertentu.

Meski menghadapi kendala, tetap dicarikan solusi agar tugas-tugas mencapai target pembelajaran. Seperti di FT Arsitektur, dosen bergerilya bersama alumni, setiap minggu datang secara daring maupun bertemu langsung kepada mahasiswa memberikan  program-program motivasi. 

“Selain itu bagi mahasiswa yang  terdampak pandemi,  didukung dengan  logistik dan peralatan-peralatan kuliah yang diperlukan untuk tugas-tugas yang sulit dicari di masa  pandemi ini. Selanjutnya ini akan menjadi program rutin alumni arsitektur UKI untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, memperluas refrensi tentang Green Arch dan  persiapan magang,”ungkapnya pula.

Saat ini Prodi Arsitektur yang paling diminati calon mahasiswa baru karena memiliki Akreditasi A  dan juga Prodi Sipil karena sedang adanya pembangunan Infrastruktur di Indonesia.(ics)

IMG_0469.JPG