Institusi Berperan Penting Sediakan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dengan Metode Online
last updated 02-07-2020
Institusi Berperan Penting Sediakan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dengan Metode Online
UKI —
Mahasiswa sudah mulai dapat beradaptasi dengan pembelajaran menggunakan metode online karena sudah memasuki bulan ke 4. Kendala utamanya kurangnya dana mahasiswa untuk membeli paket pulsa dan sarana prasarana lainnya yang mendukung pembelajaran daring.

Dr. dr. Bernadeta Nadeak, M.Pd , Dosen Pascasarjana UKI menyampaikan hal ini pada webinar nasional tanggal 22 Juni 2020, dengan tema “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Sosial Selama Pandemi Covid 19 : Studi Kasus di UKI.”

Namun demikian, menurut dokter Bernadeta, ada sejumlah mata kuliah yang pelaksanaannya tidak efektif dengan metode daring, seperti mata kuliah praktikum, ketrampilan dan PBL. Untuk membantu mengatasi hal itu harus diadakan media pembelajaran misalnya video pembelajaran, e-book, modul, dan penuntun praktikum.

“Ada mahasiswa yang tidak siap dengan pembelajaran metode online di era new normal ini karena tidak biasa belajar mandiri, terbiasa menunda waktu, analisa berpikir yang belum independen, dan kendalanya pada biaya pulsa dan sarana prasarana lainnya,” tambahnya menekankan.

Sedangkan ketidaksiapan dosen yang ia lihat adalah tidak menguasai aplikasi media pembelajarannya, tidak menyediakan bahan ajar, modul, dan penuntun praktikum.

“Untuk itu, para dosen harus mengubah pola pikir tentang pembelajaran berbasis IT, membuat buku-buku pedoman berdasarkan silabus yang dipakai, buku penuntun bagi siswa, dan membuat media pembelajaran berbasis video dan audio terutama pada mata kuliah praktikum, skill dan pengembangan belajar di lapangan,” saran dia.

Dokter Bernadeta menjelaskan bahwa institusi berperan penting menyediakan sarana dan prasarana terkait pembelajaran berbasis teknologi informasi. (ics)