SASTRA INGGRIS

Fakultas Sastra didirikan pada tahun 1953 sebagai wujud dari visi para pendiri Universitas Kristen Indonesia yang melihat pentingnya tenaga-tenaga kerja terampil yang mampu berkomunikasi dengan komunitas internasional yang diperlukan Negara Republik Indonesia yang pada waktu itu belum lama merdeka. Sejak didirikannya sampai sekarang, Fakultas Sastra UKI telah melahirkan sarjana dan ahli madya yang berkualitas dalam bidang bahasa dan sastra Inggris karena penguasaan Bahasa Inggris adalah kunci utama untuk masuk dalam komunitas internasional.

Visi Program Studi

Fakultas Sastra Universitas Kristen Indonesia (FS UKI) bervisi menjadi fakultas yang unggul dan bereputasi dalam dunia pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya yang antisipatif terhadap perubahan di era globalisasi yang berjiwa Pancasila berdasarkan nilai-nilai kristiani.

Misi Program Studi

Fakultas Sastra Universitas Kristen Indonesia (FS UKI) memiliki misi mengembangkan pendidikan Sastra Inggris dan disiplin ilmu yang berkaitan dengan program studi tersebut, antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dan mampu mengaplikasikan ilmu dan keterampilannya untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan tuntutan kekinian;
  2. Melakukan kajian dan penelitian akademis di bidang bahasa, sastra, dan budaya serta disiplin ilmu terkait sebagai bentuk pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat;
  3. Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat;
  4. Meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM yang berkelanjutan.
  5. Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional yang saling menguntungkan
Program Studi

Fakultas Sastra UKI memiliki 2 (dua) program studi, yakni:

  • Prodi Sastra Inggris (S1)

Program studi (Prodi) Sastra Inggris (S1) FS UKI memiliki visi menjadi Prodi yang unggul dan bereputasi dalam bidang bahasa, sastra, dan kajian budaya masyarakat berbahasa Inggris dan ASEAN. Misi yang diemban oleh Prodi Sastra Inggris (S1) FS UKI antara lain adalah: 

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang kebahasaan, kesusastraan, dan berwawasan multikultural  untuk kepentingan pendidikan, industri, dan masyarakat.
  2. Melakukan kajian akademis dan terapan di bidang bahasa, sastra, dan budaya sebagai bentuk pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian dan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat melalui hasil penelitian kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan yang aplikatif.
  4. Menyelenggarakan pendidikan keterampilan bahasa Inggris bagi masyarakat dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEE).

Ada 3 (tiga) konsentrasi peminatan dalam Prodi Sastra Inggris (S1) FS UKI, yaitu:

  1. Kesusastraan (literature),
  2. Linguistik (linguistics), dan
  3. Penerjemahan (translation)

Sarjana Sastra lulusan Prodi Sastra Inggris FS UKI adalah sarjana yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mampu menggunakan pengetahuan bahasa dan kesusastraan Inggris untuk bekerja sebagai asisten peneliti bidang bahasa, penerjemah, mampu membuat tulisan reportase yang diarahkan pada penulisan karya-karya sastra sebagai penulis kreatif, serta mampu menggunakan kompetensi berbahasanya untuk masuk ke dalam berbagai profesi seperti penyuntingan, jurnalistik, penulis naskah, dan lain-lain. 

Secara khusus, lulusan Prodi Sastra Inggris (S1) FS UKI akan: 

  1. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif di berbagai situasi kerja yang membutuhkan keterampilan bahasa tersebut. 
  2. Mampu melakukan kajian ilmu bahasa, sastra, dan budaya serta mengaplikasikan ilmu tersebut dalam berbagai konteks kerja yang memerlukannya. 
  3. Menguasai konsep teoritis linguistik dan/atau kesusastraan sehingga mampu berperan fleksibel di tengah masyarakat dan dunia industri.
  4. Mampu bekerja menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  5. Menguasai berbagai keterampilan penunjang, antara lain Business English, Office Management, Journalism, Public Relations, Marketing, Entrepreneurship, dan Tourism. 
  6. Mampu memberi beberapa alternatif solusi dalam proses pengambilan keputusan yang strategis dan tepat  dalam konteks penyelesaian masalah yang menjadi lingkup kerjanya.
  7. Bertanggung jawab pada pekerjaannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok. 
  8. Memiliki sikap yang komunikatif, etis, apresiatif, partisipatif, dan toleran terhadap keberagaman.  
  • Prodi Bahasa Inggris (D3)

Prodi Bahasa Inggris (D3) FS UKI memiliki visi menjadi program studi (Prodi) yang unggul dan bereputasi dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris dan vokasional. Misi yang dimiliki Prodi Bahasa Inggris (D3) FS UKI adalah:

  1. Menghasilkan lulusan berwawasan multikultural yang terampil berbahasa Inggris  dan mengaplikasikannya dalam berbagai situasi kerja dengan kemampuan seperti business English, office menagement, dan marketing.
  2. Melakukan kajian terapan di bidang bahasa dan  vokasional.
  3. Melaksanakan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat melalui hasil penelitian kebahasaan dan  vokasional yang aplikatif.
  4. Menyelenggarakan pendidikan keterampilan bahasa Inggris bagi masyarakat dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Lulusan Program Studi Bahasa Inggris (D3) FS UKI akan menjadi Ahli Madya (AMd) Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan bahasa  Inggris untuk digunakan dalam situasi yang tepat di berbagai jasa dan industri yang memerlukan kecakapan berbahasa Inggris. 

Secara khusus, lulusan Program Studi Bahasa Inggris (D3) FS UKI akan: 

  1. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif di berbagai situasi kerja yang membutuhkan keterampilan bahasa tersebut.
  2. Mampu bekerja menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menguasai keterampilan-keterampilan penunjang, antara lain, Business English, Office Management, Journalism, Public Relations, Marketing, Entrepreneurship, dan Tourism.
  4. Mampu ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam konteks penyelesaian masalah yang menjadi lingkup kerjanya. 
  5. Bertanggung jawab pada pekerjaannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  6. Memiliki sikap yang komunikatif, etis, apresiatif, partisipatif dan toleran terhadap keberagaman.
Lama Studi

Mahasiswa FS UKI untuk memperoleh ijasah Sarjana (S1) dalam jangka waktu 3,5 tahun. Untuk program Diploma (D3)  dapat diselesaikan dalam jangka waktu 3 tahun.

Program-program lain yang ditawarkan FS UKI adalah:

  1. Program Sastra Inggris (S1) Kelas Paralel Sore terutama bagi Karyawan
  2. Program ini didesain untuk memberikan kesempatan pada para karyawan (lulusan SMA/SMK) yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 untuk meningkatkan kompetensi, menunjang pengembangan karir serta bergerak fleksibel di pasar kerja sambil tetap bekerja. Program ini dapat diselesaikan dalam waktu 7 s.d 8 semester.  Metode pembelajaran aktif dan mandiri yang merupakan kombinasi dari classroom interaction, learning modules,  tugas individual dan kelompok, dan online learning. Keunggulan dari kelas ini ialah menyediakan mata kuliah Translation, Effective Communication, English Proficiency Test Preparation, Research Methods, Editing, Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Waktu perkuliahan dan moda pembayaran juga didesain sehingga cocok untuk karyawan.

  3. Kelas Alih Program (S1)
  4. Selain membuka kelas regular, Fakultas Sastra UKI juga memiliki  kelas Alih Program. Program ini ditujukan kepada lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 Sastra Inggris. Perkuliahan dalam Alih Program ini berlangsung malam hari dan Sabtu pagi. Program ini sangat ideal bagi calon mahasiswa yang saat ini sudah bekerja. Lama program ini adalah 2 tahun.

  5. Program Khusus D3 Bahasa Inggris (Dual Degree Program)
  6. Program Khusus D3 Bahasa Inggris (Dual Degree Program) adalah program yang ditujukan bagi mahasiswa UKI dan PTS lain dengan kriteria tertentu. Melalui program ini, mahasiswa UKI dan PTS lain dengan kriteria tertentu dapat lulus dengan 2 (dua) predikat, yakni Sarjana (dari fakultas masing-masing) dan Ahli Madya (Amd) Bahasa Inggris dari FS UKI. Gelar Ahli Madya Bahasa Inggris ini akan menjadi nilai plus bagi seorang sarjana dalam bersaing dalam kompetisi di pasar kerja serta membuka kesempatan untuk masuk ke dalam industri  internasional. Jadwal perkuliahan yang disesuaikan dengan jadwal perkuliahan di fakultas masing-masing juga menjadi kemudahan yang ditawarkan oleh program ini di samping juga kemudahan menikmati fasilitas belajar-mengajar yang tersedia di FS UKI.  Kuliah maksimum adalah 84 SKS dari 110 SKS dan dapat diselesaikan dalam jangka waktu minimal 4 (empat) semester.

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar di FS UKI adalah para profesional dan praktisi yang kompeten di bidangnya, antara lain Prof. Dr. Setia Bangun, M.Ed., Prof. Dr. B. Petrus Sitepu, Dr.rer.pol. Ied Veda R. Sitepu, SS., MA., Dr. B. J. Pelawi, M.Hum., Susanne Sitohang, SS., MA., Yusniaty Galingging, SS., M. Hum., Masda Simatupang, S.Pd., M. Hum., Jannes F. Pardede, SS., M. Hum., dan lain-lain. 

Keunggulan Fakultas Sastra UKI

Beberapa keunggulan Fakultas Sastra UKI adalah :

  1. Fakultas Sastra UKI memiliki laboratorium: Laboratorium Bahasa Multimedia, Student Self-Access  Learning Centre, Studio, dan Culture Corner
  2. Program kegiatan mahasiswa yang menarik, antara lain: Pentas Kreasi Seni dan Musik, Speech Contests, Debate Competition, ekskursi ke stasiun TV dan media cetak. 
  3. Tersedianya beasiswa bagi mahasiswa yang telah duduk di semester tiga.
  4. Selama menjadi mahasiswa tersedia kesempatan kerja part time. Pekerjaan yang dapat dilakukan seperti menjadi instruktur, guru bahasa inggris, atau penerjemah.
  5. Lowongan kerja yang luas, antara lain; sebagai Presenter, Public Relation, Penerjemah, Departemen Luar Negeri, bank, dan lain lain.
Peluang Karir
  1. Presenter
  2. Public Relations
  3. Penerjemah dan interpreter
  4. Departemen Luar Negeri
  5. Periklanan
  6. Penyunting (editor)
  7. Bank
  8. Tenaga pengajar
  9. Penelitian
  10. Pariwisata dan industri perhotelan
  11. Media massa
  12. Perusahaan-perusahaan asing,
  13. Kedutaan Besar,
  14. Kantor perwakilan Indonesia di luar negeri,
  15. Lembaga - lembaga pemerintah maupun nonpemerintah
  16. Perbankan
  17. Wirausaha

Informasi lebih lanjut
Humas UKI : (021) 800 91 90, 809 24 25 ext. 258 dan 285
Fakultas Sastra UKI: (021) 800 91 90, 809 24 25 ext. 324 dan 325
e-mail: fakultas.sastra@uki.ac.id
Sekretariat Fakultas Sastra UKI
Gedung B Lt. 2, Kampus UKI, Cawang
Jalan Mayjen Sutoyo, No. 2
Jakarta Timur 13630