PENDIDIKAN KIMIA
Keunggulan
  1. Kompetisi Kimia bekerjasama dengan UI Jurusan Kimia Murni dan UNJ Jurusan Pendidikan setiap satu tahun sekali. Penyelenggaraan kompetisi kimia bertujuan untuk menarik minat dan bakat siswa dalam bidang sains dan teknologi, terutama mata pelajaran kimia.
  2. Open Laboratorium yang bekerjasama dengan KIR SMA dan Klub Sains SMP bertujuan untuk:
    • Menjalin kerjasama dan saling mendukung dalam praktikum dengan SMA sekitar UKI Cawang,
    • Membantu pihak sekolah dalam membantu pembuatan materi praktikum di SMA sekitar UKI Cawang,
    • Bertukar wawasan dan pengalaman sains dengan pihak sekolah sekitar UKI Cawang.
    • Kurikulum berbasis kompetensi melalui kegiatan eksperimen dan MSDS (Material Safety Data Sheet), dan untuk angkatan 2015 menggunakan kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Pelaksanaan kurikulum di atas sebagian besar dilakukan dengan melakukan serangkaian kegiatan eksperimen yang relevan untuk memperdalam penguasaan materi dan memperkaya keterampilan terhadap perkuliahan yang bersangkutan.
      MSDS (Lembar Keterangan tentang Keamanan Bahan Kimia) bertujuan untuk membentuk pengetahuan dan kebiasaan yang komprehensif tentang penggunaan, penyimpanan dan pengolahan bahan kimia secara aman dan terencana.
    • Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan

Pembelajaran Kimia di Prodi Pendidikan Kimia dilakukan secara terintegrasi dengan bidang pendidikan lain untuk pengkayaan keilmuan dan keterampilan di bidang pendidikan kimia. Berbasis teknologi ramah lingkungan yang dimaksud adalah setiap mahasiswa dan dosen yang terlibat di dalam proses pembelajaran saling berupaya untuk menggunakan teknologi ramah lingkungan misalnya menggunakan teknik komputer, menggunakan kembali kertas bekas, spidol isi ulang, membuang sampah pada tempatnya, dsb.