MAHASISWA JALUR KHUSUS
Program Early Bird (Pendaftaran di Gelombang 1 – 3)

Bagi calon mahasiswa yang lulus USM dan mendaftar sebagai Calon Mahasiswa pada Gelombang 1 s.d 3 serta melakukan pembayaran uang kuliah cicilan pertama tidak lewat dari tanggal 12 April 2019, akan mendapatkan potongan khusus berupa bebas biaya SPP.  Program ini hanya berlaku untuk semua program studi D-3/S-1, kecuali Fakultas Kedokteran (biaya kuliah dapat dilihat di Menu Admisi ). Silahkan Daftar Disini !!

Program Beasiswa Penuh

UKI memberikan Beasiswa Penuh selama 4 tahun (maksimum 8 semester) studi bagi calon mahasiswa berprestasi dengan mengikuti USM Khusus Penerima Beasiswa Penuh. Program beasiswa penuh ini hanya tersedia untuk 40 (empat puluh) bangku dan berlaku untuk jurusan non Fakultas Kedokteran

Ketentuan :

  1. Calon mahasiswa baru (camaba) wajib mendaftarkan diri sebagai camaba UKI di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan membayar administrasi sebesar Rp. 250.000,-
  2. Calon mahasiswa baru peserta Program Beasiswa  adalah siswa SMA yang akan lulus pada tahun 2019.
  3. Calon mahasiswa baru diutamakan beragama Kristen Protestan dengan menunjukkan surat keterangan dari Gereja.
  4. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti test khusus jalur beasiswa prestasi.
  5. Nilai raport SMA (masing-masing pelajaran jurusan) pada semester 1-4  ≥  8,00.
  6. Calon mahasiswa baru bersedia mengikuti peraturan penerima beasiswa yang berlaku.
  7. Selama studi, IPK yang harus dicapai minimal 3,5 dan apabila tidak mencapai standar nilai yang telah ditetapkan, maka secara otomatis beasiswa akan diputus.
  8. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti pembinaan mahasiswa beasiswa.
  9. Akan diberikan kepada 40 (empat puluh) orang mahasiswa.
  10. Terbuka kesempatan untuk menjadi staf dosen UKI.
  11. Pendaftaran akan dibuka pada bulan 01 Mei s.d 20 Juni 2019, dan USM akan dilaksanakan pada 22 Juni 2019.
Jalur Prestasi (seleksi nilai raport)

 UKI memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMA dan SMK yang berprestasi di sekolahnya untuk berkuliah di UKI dengan seleksi nilai raport. Program ini dinamakan Jalur Prestasi.

Ketentuan :

  1. Calon mahasiswa baru (camaba) wajib mendaftarkan diri sebagai camaba UKI melalui registrasi online (pmb.uki.ac.id) dengan membayar administrasi sebesar Rp. 250.000,-
  2. Calon mahasiswa baru peserta Jalur Prestasi adalah lulusan tahun 2018 dan 2019.
  3. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti Psikotest.
  4. Penilaian dilakukan melalui nilai raport (per mata pelajaran UN semester 1 s/d 5 untuk mata pelajaran sebagaimana tercantum pada tabel di bawah ini :
  5. NOFAKULTAS/PROGRAM STUDI YANG DIPILIHNILAI RAPOR ( SEMESTER 3,4, DAN 5)
    1FT DAN FKIP (Program Studi Matematika, Biologi, Fisika dan KimiaFisika, Matematika dan Bahasa Inggris ≥ 7,5 
    2FKIP (Program Studi  BK, Bahasa Inggris, Agama Kristen, dan Bahasa Mandarin), FE, FH, Fisipol, Akademi PerbankanMatematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia ≥ 7,5
    3Akademi Fisioterapi dan Akademi KeperawatanBiologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia ≥ 7,5
  6. Jalur Prestasi ini diberikan juga kepada siswa SMA dan SMK yang berhasil memperoleh Juara pada kompetisi bidang akademik (bukan minat/bakat) yang dilaksanakan oleh Prodi dan Fakultas di lingkungan UKI (hadiah tersedia untuk 6 orang per-kegiatan) dan program studi yang dipilih adalah dari Prodi dari Fakultas penyelenggara. Calon mahasiswa wajib menunjukkan bukti prestasi (sertifikat/piagam) asli yang diperoleh.
  7. Jalur Prestasi ini diberikan juga kepada siswa SMA dan SMK yang pernah mengikuti perlombaan bidang akademik tingkat nasional dengan menyertakan bukti prestasi berupa fotokopi sertifikat atau piagam penghargaan asli.
  8. Jalur Prestasi akan dimasukkan dalam kategori Grade B (Bebas SPP) berdasarkan kebijakan Rektor.
  9. Jalur Prestasi ini hanya mengikuti psikotest dan tidak mengikuti Tes Potensial Akademik (TPA).
  10. Jalur prestasi ini hanya berlaku sampai dengan tanggal 16 Mei 2019 dan dapat diperpanjang sesuai kebijakan Pimpinan UKI.
  11. Tidak berlaku bagi Fakultas Kedokteran, Program Pascasarjana, dan kelas Alih Program.
Jalur Undangan

UKI mengundang siswa-siswi SMA dan SMK yang berprestasi akademik dan Non Akademik dari sekolah atau Jemaat gereja, dan ingin melanjutkan studi ke D-3 dan S-1.

UKI mengundang sekolah atau gereja yang dipilih/ditentukan oleh UKI atau Fakultas dapat mengirim 5-20 calon mahasiswa baru yang berprestasi untuk mengikuti seleksi jalur undangan.

Ketentuan :

  1. Calon mahasiswa baru merupakan lulusan tahun 2018 dan tahun 2019.
  2. Calon mahasiswa baru (camaba) menunjukkan undangan dari UKI dan berkas rapor semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir ke PMB untuk seleksi awal.
  3. Calon mahasiswa baru (camaba) wajib mendaftarkan diri sebagai camaba UKI melalui registrasi online (pmb.uki.ac.id) dengan membayar administrasi sebesar Rp. 250.000,-
  4. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti Psikotest.
  5. Raport yang dinilai adalah nilai rata-rata raport semester 1 s.d 5.
  6. UKI menunjuk langsung sekolah atau gereja yang dipilih/ditentukan oleh UKI atau Fakultas dapat mengirimkan 5-20 calon mahasiswa baru yang berprestasi untuk mengikuti seleksi jalur undangan.
  7. Jalur undangan ini hanya berlaku sampai dengan tanggal 23 Mei 2019 dan dapat diperpanjang sesuai kebijakan Pimpinan UKI.
  8. Jalur Undangan tidak berlaku bagi Fakultas Kedokteran, Pascasarjana dan kelas Alih Program.
NONILAI RATA-RATAPEROLEHAN PERINGKAT
1≥  80.00 Peringkat 1 (Grade A)
270.00 — 79.99Peringkat 2 (Grade B)
365.00 — 69.99Peringkat 3 (Grade C)

Keterangan :

Peringkat menentukan keringanan biaya berupa potongan biaya kuliah, berupa :

Grade A  = Bebas SPP dan Beban Tetap 1 Semester;

Grade B  =  Bebas SPP;

Grade C  =  Bebas SPP 50 %;

Sibling Scholarship

Program ini diberikan dalam bentuk kebijakan potongan untuk putra/putri (kandung) dari karyawan aktif atau alumni UKI serta saudara kandung dari mahasiswa UKI yang masih aktif. Jika mahasiswa yang bersangkutan (sudah mengikuti program ini sebelumnya) memiliki kendala (akademik atau administrasi) dan diwajibkan mendaftar sebagai mahasiswa baru, maka HANYA diberikan 1 kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran kembali sebagai mahasiswa baru. 

1. Anak Karyawan UKI

    Kebijakan potongan untuk putra/putri (kandung) karyawan UKI yang masih aktif :

  1. Bebas SPP
  2. Bebas Biaya tetap 1 semester

Ketentuan  :  

  1. Program ini berlaku untuk non Fakultas Kedokteran.
  2. Melakukan pendaftaran di pmb.uki.ac.id dan membayar biaya administrasi yang berlaku.
  3. WAJIB melampirkan pendaftaran dengan persyaratan melampirkan Akte Lahir, Kartu Keluarga dan SK. Pengangkatan orangtua camba sebagai karyawan UKI dan diserahkan pada saat pendaftaran.
  4. Mengikuti Psikotes.
2. Saudara Sekandung 

Program ini memberikan kebijakan harga khusus untuk saudara kandung dari karyawan aktif dan mahasiswa yang sedang berkuliah di UKI berupa potongan Biaya SPP sebesar 100%.

Ketentuan :

  1. Program ini berlaku untuk non Fakultas Kedokteran.
  2. Melakukan pendaftaran di pmb.uki.ac.id dan membayar biaya administrasi yang berlaku.
  3. WAJIB melampirkan fotokopi Akte Lahir, Kartu Keluarga dan juga fotokopi SK. Pengangkatan Karyawan UKI (bagi karyawan) dan fotokopi Kartu Mahasiswa UKI (bagi mahasiswa) dan diserahkan pada saat pendaftaran.
  4. Melengkapi pendaftaran dengan persyaratan serta melampirkan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan SK. Pengangkatan Karyawan UKI bagi karyawan dan Kartu Mahasiswa UKI bagi mahasiswa.
  5. Mengikuti tes Psikotest.

3. Alumni UKI

Program ini memberikan kebijakan harga khusus untuk anak atau saudara kandung dari alumni Universitas Kristen Indonesia berupa potongan biaya kuliah Grade C yaitu Biaya SPP sebesar 50%.

Ketentuan :

  1. Program ini berlaku untuk non fakultas kedokteran.
  2. Melakukan pendaftaran di pmb.uki.ac.id dan membayar biaya administrasi yang berlaku.
  3. Wajib melampirkan Akte Lahir, Kartu Keluarga dan juga fotokopi ijasah pendidikan orangtua atau saudara sekandung di Universitas Kristen Indonesia dan diserahkan pada saat pendaftaran.
  4. Mengikuti Tes Psikotest.