IDENTITAS UKI

Lambang & Atribut Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia mempunyai lambang dan konfigurasinya ditetapkan dengan keputusan Yayasan. Lambang UKI terdiri atas dua bagian dalam satu kesatuan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bagian atas berbentuk lingkaran 3600 dan  bagian bawah terlepas dari lingkaran, berbentuk pita yang di dalamnya tercantum motto UKI “Melayani, Bukan Dilayani” dengan kedua ujung pita terlipat ke arah belakang dan terbelah.
  2. Jarak antara lingkaran dengan pita adalah tiga seperempat lebar pita.
  3. Bentuk dan tata letak kedua bagian termaksud selengkapnya adalah sebagaimana yang ditetapkan lukisannya menurut gambar di bawah ini.

Makna Lambang Universitas Kristen Indonesia

Lambang yang berbentuk lingkaran menunjukkan adanya :

  1. Nama Universitas Kristen Indonesia dicantumkan dengan huruf besar berbentuk tegak dalam jalur lingkar sebelah atas, sedang dalam jalur lingkar bagian bawah dicantumkan kata dan bulangan “Jakarta 1953” dalam huruf besar yang berbentuk tegak.
  2. Tepi lingkaran sebelah dalam berbentuk lima gelombang ke sebelah dalam jalur lingkar, mencerminkan rantai yang bermakna UKI menjalankan usaha-usahanya terikat dengan Pancasila sebagai asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia.
  3. Segitiga yang tercantum dalam ruang sebelah dalam dari lingkaran berbentuk gelombang adalah segitiga sebagai inti makna lambang yang mengandung makna pernyatan bahwa UKI teguh dengan Pengakuan Iman Rasuli yang menyatakan adanya Trinitas atau Allah Tri Tunggal, yaitu Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus.
  4. Di dalam segitiga pada lingkaran dalam terdapat bentuk lukisan pelita tanah liat yang menjadi wujud inti dari keseluruhan lambang itu. Pelita berisi minyak dan menyala memancarkan terang. Terang dinyatakan dengan lidah api dan garis sinar sebelah atas lidah api terditi atas lima garis sinar dan di sebelah bawah lidah api terdiri atas tiga garis sinar bermakna perintah Tuhan seperti termuat dalam Matius 5:14-16, yaitu “Kamu adalah terang dunia.”
  5. Lambang berbentuk pita yang membentang seputar bagian lingkaran bawah adalah perlambang adanya suatu landasan kegiatan UKI yang sepenuhnya didorong oleh kesediaan melakukan pelayanan tanpa pamrih.

Lambang UKI diberi warna-warna tertentu dan bermakna sebagai berikut:

  1. Pada lajur lingkaran berwarna dasar biru tua mengkilat dengan huruf-huruf berwarna putih, demikian juga pada bagian pita seperti dimaksud sebagai pertanda rasa kesetiaan UKI akan tugas pelayanannya.
  2. Garis dari lingkungan sebelah dalam yang berbentuk gelombang adalah berwarna hitam sebagai tanda keteguhan pendirian.
  3. Warna dasar dari ruang sebelah dalam antara garis hitam dengan segitiga adalah warna kuning tua, sebagai pertanda dunia kemahasiswaan yang hidup mengarungi dunia gagasan, pemikiran dan berbagai kegiatan studi akademik, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat.
  4. Warna sinar pada bagian terang pada lidah api pelita adalah wana merah dengan bergaris lima pada bagian atas dan bergaris tiga pada bagian bawah lidah api, pertanda garis-garis ini menunjuk kepada angka 53 sebagai tahun berdirinya UKI.
  5. Warna dasar ruang segitiga adalah putih sebagai pertanda ketulusan hati, sedangkan bentuk pelita dilukis dengan garis tepi hitam bagian dalam kuning, dan lidah api berwarna merah sebagai sumber terang.

Bendera universitas terdiri atas bendera universitas dan bendera fakultas. Bendera yang dimaksud ditetapkan sebagai berikut:

  1. Bendera UKI berwarna dasar biru muda;
  2. Bendera Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berwarna dasar coklat;
  3. Bendera Fakultas Sastra berwarna dasar putih;
  4. Bendera Fakultas Ekonomi berwarna dasar kuning;
  5. Bendera Fakultas Hukum berwarna merah;
  6. Bendera Fakultas Kedokteran berwarna dasar hijau;
  7. Bendera Fakultas Teknik berwarna dasar biru tua;
  8. Bendera Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berwarna jingga;
  9. Bendera Program Pascasarjana berwarna dasar merah jambu.
  10. Tepat di tengah-tengah setiap bendera seperti yang dimaksud dilukisan lambang universitas.