YES TO ASEAN 4.0 : Z’S Creativity and Innovation for ASEAN.
last updated 23-01-2020
YES TO ASEAN 4.0 : Z’S Creativity and Innovation for ASEAN.
JAKARTA, REPORTER UKI
Siswa-siswi SMA di Indonesia patut mempersiapkan diri dengan dengan kemampuan bahasa Inggris untuk menghadapi persaingan dengan negara ASEAN. Fakultas Sastra UKI menggelar kompetisi Bahasa Inggris tingkat SMA, tanggal 21 Januari 2020 di Kampus UKI Cawang, Jakarta. Kompetisi terdiri dari Speech Contest, Scrabble, Story Telling, Traditional-Modern Dance , PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds). Kompetisi bahasa Inggris ini mengangkat tema ‘YES TO ASEAN 4.0 : Z’S Creativity and Innovation for ASEAN.’ Total hadiah dari kompetisi ini ialah Rp 12.500.000, Beasiswa UKI, sertfikat dan piala. 

Dekan Fakultas Sastra UKI, Susanne A.H. Sitohang, S.S., M.A, membuka secara resmi ajang kompetisi tingkat SMA ini, “Ajang kompetisi YES TO ASEAN ini merupakan penerapan dari mata kuliah Effective Communication. Mahasiswa belajar untuk berkomunikasi secara efektif dalam menyelenggarakan acara ini. Murid SMA yang mengikuti kompetisi ini juga dapat belajar berkompetisi di tingkat internasional.”

Sebelum mengikuti perlombaan, guru-guru dan siswa-siswi mengikuti seminar Yes to Asean dengan pembicara Kepala Hubungan Internasional ASEAN Youth Organization, Agatha Lydia Natania. 

“Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk menjaga dan meningkatkan kedamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan ASEAN. Semakin aman suatu kawasan maka semakin banyak yang berinvestasi. Dibentuknya ASEAN diharapkan meningkatkan ketahanan kawasan di negara ASEAN untuk menjalin kerjasama politik, keamanan, ekonomi dan sosial budaya, “ ujar Agatha Lydia Natania. 

Dalam acara ini, Kepala UPT Pusat Pelayanan Bahasa, Heribertus Adol Bastian Abul, S.Sos, memberikan 10 voucher gratis untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi siswa SMA dan guru SMA. UPT PPB UKI mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, salah satunya dengan Program Native Speaker Day yaitu belajar berbicara bahasa Inggris langsung dengan penutur asing. UPT Pusat Pelayanan Bahasa Universitas Kristen Indonesia bekerjasama dengan International Test Center  menggelar tes bahasa Inggris wajib bagi mahasiswa baru, TOEIC Mapping. 

Pemenang perlombaan YES TO ASEAN ialah :

Speech Contest
Juara 1 Alisha Armelle Putri dari SMA Tarakanita 1
Juara 2 Carl Nathanael dari SMAK 7 Penabur 
Juara 3 Jennica Odelia Patria dari SMA Tarakanita 1

Story Telling
Juara 1 Safina Andam Dewi dari SMA 15 Kota Bekasi
Juara 2 Praisella Augustiora Wang dari SMA Quiver Center Academy
Juara 3 Aurelie Nathania Augustine dari SMAN 90 Jakarta 

Scrabble
Juara 1 Farhan Ubaidililah dari SMA Islam Terpadu Insantama Bogor
Juara 2 Dzikku Amrullah dari SMA Islam Terpadu Insantama Bogor

Traditional-Modern Dance
SMA  :
Juara 1 SMK Jaya Wisata 2 
Juara 2 SMK Strada III
Juara 3 SMA Widya Manggala 

PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds)
Juara 1 Try for Win
Juara 2 Thugs Party

Selamat !
(Fransiska Lusuba)
IMG_7866.JPG