Pusat Studi Wanita UKI Gelar FGD :“Pengasuhan Anak Zaman Now dalam Berbagai Perspektif”
last updated 17-01-2020
Pusat Studi Wanita UKI Gelar FGD :“Pengasuhan Anak Zaman Now dalam Berbagai Perspektif”
JAKARTA, REPORTER UKI
Pada tanggal 16 Januari 2020, Pusat Studi Wanita UKI bersama dengan Perkumpulan Perempuan HKBP Peduli Anak Bangsa & Pemberdayaan Pariwisata (P2 HKBP PAB & P2) dan Wahana Visi Indonesia melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengasuhan Anak Zaman Now dalam Berbagai Perspektif”. 

FGD ini untuk mengetahui permasalahan utama dalam pengasuhan anak, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan ramah bagi anak, untuk menggali permasalahan yang terjadi dalam keluarga Indonesia masa kini, dan mencari solusi terbaik bagi permasalahan keluarga. Penting untuk mengetahui pengetahuan serta keterampilan pengasuhan anak yang relevan di dalam keluarga.

Hasil diskusi dalam FGD ini yaitu pertama, pentingnya role model dalam keluarga. Kedua, pentingnya meningkatkan rasa empati dalam setiap keluarga. Ketiga, perlunya pemahaman yang sama tentang pengasuhan anak. Seluruh peserta menyimpulkan bahwa pada akhirnya solusi dalam pengasuhan anak adalah mengedepankan cinta kasih di dalam rumah.

Narasumber dalam FGD ini adalah Rohika Kurniadi Sari S.H., M.Si. (Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan, Keluarga dan Lingkungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA RI); Dr. Sitti Hikmawaty, M.Pd., (Komisioner KPAI); Dr. Titik Haryati, M.Pd., (Asosiasi Dosen Indonesia); Sri Wahyuni, M.IK., (UNFPA); Dr. Anil Dawan, M.Pd. (Wahana Visi Indonesia). Diskusi dimoderatori oleh Audra Jovani, MPS, (PSW UKI). 

Diskusi diikuti 20 peserta yang terdiri atas para pemerhati dan pegiat isu perempuan dan anak, yaitu Persatuan Wanita Kristen Indonesia, Jaringan Pelayanan Anak, PGI, Wanita Syarikat islam, Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia, Soka Gakkai Indonesia, Parishada Hindu Dharma Indonesia, Perempuan Konghucu Indonesia, Konferensi Waligereja Indonesia, Forum Guru Independen Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, PSG Universitas Sahid Jakarta, Institut Bisnis Nusantara, POINT Universitas Paramadina, ASMI, YPM Kesuma, Orami Parenting, Yateri, Rumpun Gema Perempuan, GAMKI dan SMKI.

(Mita Yesyca)
16 Januari 2020 PSW UKI.jpg