Menjalin Tali Persaudaraan dan Silaturahmi dalam Buka Puasa Bersama Universitas Kristen Indonesia
last updated 27-05-2019
Menjalin Tali Persaudaraan dan Silaturahmi dalam Buka Puasa Bersama Universitas Kristen Indonesia
JAKARTA, REPORTER UKI
Dalam rangka bulan Ramadhan (tahun 1440 H), Universitas Kristen Indonesia menggelar Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Universitas Kristen Indonesia yang dihadiri oleh pimpinan, karyawan, media partner UKI, serta tokoh masyarakat setempat. Buka Puasa bersama dilakukan pada hari Selasa, 21 Mei 2019, di Auditorium Grha William Soeryadjaya, Kampus UKI Cawang. 

Acara diisi oleh Tausiyah kebangsaan oleh Ketua LBM PW-NU Provinsi DKI Jakarta, Ustaz Mukti Ali Qusyairi, Lc., M.A. dengan tema ”Merawat Ukhuwah Wathaniyah Dalam Bingkai Pancasila & Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ustaz Mukti Ali Qusayri, Lc., M.A sekarang juga mengelola rumahkitab.com, sebuah layanan untuk menjadikan Islam dan Indonesia menjadi Rumah Kita Bersama atau disingkat rumahkitab.  

Ustaz Mukti Ali membawakan Tausiyah Kebangsaan bertema "Merawat Ukhuwah Wathaniyah dalam Bingkai Pancasila & NKRI" mengatakan bahwa cinta tanah air merupakan bagian dari agama dan semua warga negara Indonesia sepakat bersatupadu membangun bangsa Indonesia. Menurut Ustaz Mukti Ali, cinta tanah air diwujudkan dengan menjaga kerukunan dan kedamaian Indonesia. 

Ustaz Mukti Ali lebih lanjut menjelaskan soal ukhuwah, “Betapa pentingnya menjaga ukhuwah wathaniyah, persaudaraan setanah air, persaudaraan sebangsa sebab NKRI merupakan tanah kelahiran kita semua. Kita lahir di sini, makan, minum dan hidup disini. Ini adalah tumpah darah kita bersama. Islam menghargai perbedaan dan perbedaan justru saling melengkapi Islam sangat toleran, menghargai umat non muslim, menghormati seluruh manusia.”

Buka Puasa Bersama ini menjalin tali persaudaraan dan silaturahmi antara UKI dengan aparat pemerintah daerah, tokoh masyarakat setempat, serta wartawan dari media cetak, visual, audio yang bekerjasama dengan UKI. Silaturahmi antara tokoh agama, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat serta media diharapkan dapat memberikan kesejukan terkait kondisi bangsa saat ini setelah kondisi politik Indonesia yang memanas pasca-pilpres 2019.

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar UKI dihadiri Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., M.B.A beserta jajarannya, pimpinan Fakultas, Kepala Biro, Kepala Program Studi, Karyawan UKI yang beragama Muslim, anak-anak Komunitas Gumul Juang, Ikatan Alumni UKI (IKA UKI), serta tokoh masyarakat setempat UKI.

Rektor Universitas Kristen Indonesia, Dr. Dhaniswara K. Harjono,S.H., M.H,. M.B.A menyinggung soal toleransi beragama dalam pidatonya di acara buka puasa bersama Keluarga besar UKI. Rektor UKI menyerukan agar masyarakat menjunjung nilai-nilai toleransi serta menjalankannya dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Seluruh masyarakat Indonesia bersatu dalam Bhineka Tunggal Ika yang berlandaskan pancasila. Kita bersaudara semua, toleransi beragama harus jalankan dengan baik menggunakan hati yang tulus dan ikhlas. Kita harus saling menghargai satu sama lainnya. Keluarga besar UKI bersama-sama mendengarkan tausyiah dari Ustaz dan berbuka bersama. Selamat menjalankan ibadah puasa," tutur Dr. Dhaniswara K. Harjono,S.H.,M.H,.M.B.A.

Rektor Universitas Kristen Indonesia mencontohkan sikap toleransi yang ditampilkan oleh Komunitas Gumul Juang yang merupakan komunitas binaan Fakultas Sastra UKI. Komunitas tersebut beranggotakan anak-anak sekitar kampus UKI dari latar belakang agama yang berbeda beda. Komunitas Gumul Juang tampil menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, lagu Dalam Tuhan Kita Bersaudara serta mengajak para tamu bersholawat bersama. 




(Fransiska Lusuba)
IMG_5750 - Copy.JPG