Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum Kodam Jaya Bersama FK UKI dalam Program “Family Folder”
last updated 09-07-2018
Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum Kodam Jaya Bersama FK UKI dalam Program “Family Folder”
JAKARTA, REPORTER UKI

Kodam Jaya Jakarta dan KP3A melakukan kerja sama dengan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta (30/6/2018). Pertemuan ini membahas tentang kesepakatan bersama untuk membangun ketahanan nasional melalui ketahanan keluarga dan peran mahasiswa dalam program “Family Folder”.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. Dr.Yohana Susana Yembise, Dipl. Apling, M.A., yang dijadwalkan hadir ternyata berhalangan dan diwakilkan oleh Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Ir. Agustina Erni Susiyanti, M. Sc.

“Kita selalu membicarakan kebutuhan anak dan perempuan. Kalau kita bicara soal keluarga mengapa keluarga itu penting, karena keluarga adalah tempat pertama anak itu bercerita untuk dibimbing dan dijaga. Jika kelurganya tidak berkualitas maka anaknya pun nanti tidak akan berkualitas,” ujar Ir. Agustina.

Beliau juga memaparkan sedikit gambaran tentang kesetaraan gender dalam keluarga.

“Kesetaraan dalam keluarga mempunyai arti keluarga itu merupakan tanggung jawab laki- laki dan juga perempuan, rasanya akan sulit jika bapak (laki- laki) bekerja sendiri. Maka dibutuhkan pembagian kerja dalam keluarga agar anak mendapatkan kelayakan hidup,” tambahnya.

Setelah Deputi Bidang Kesetaraan Gender memaparkan materinya, dilanjutkan kembali oleh Panglima Kodam Jaya/Jayakarta yaitu Mayor Jendral TNI Joni Supriyanto.

Mayjen Joni memberikan penjelasan tentang wawasan kebangsaan dan pembangunan dalam karakter Pancasila yang menjadi kunci ketahanan nasional. Beliau mengatakan bahwa bangsa Indonesia lahir, tumbuh, dan berkembang dalam keberagaman yang menjadi kekuatan sekaligus mengandung kerawanan bagi kelangsungan hidup.

Faktor penyebab runtuhnya suatu bangsa adalah ketidakmampuannya untuk mengelola diri dan tidak konsisten terhadap kehendak bersama yang dijadikan perekat dalam membangun suatu kesatuan. Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dengan memanfaatkan kondisi konstelasi geografi dalam upaya menciptakan tanggung jawab , motivasi , dan rangsangan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional.

Mayor Jendral TNI Joni Supriyanto memberikan pesan kepada para mahasiswa bahwa peran generasi muda adalah vital dan sentral. Jangan bermimpi mengubah bangsa bila tidak mampu mengubah diri sendiri. Imunitas bangsa sebagai landasan berpikir dan bertindak seluruh komponen bangsa termasuk TNI di dalamnya.

Kuliah umum ini dihadiri juga oleh Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono S.H., M.H., MBA., serta juga Civitas Akademika UKI. Acara ini diakhiri oleh penandatangan MoU oleh Rektor UKI bersama Pangdam Jaya Mayor Jendral TNI Joni Supriyanto dan Deputi Bidang Kesetaraan Gender yaitu Ir. Agustina Erni Susiyanti, M. Sc.

Acara diakhiri dengan sesi pemberian pelakat oleh UKI kepada Panglima Kodam Jaya, lalu Deputi Bidang Kesetaraan Gender, dan diakhiri dengan foto bersama.

(GABRIELA NOVRIYANTI)