Kunjungan Universitas Hindu Indonesia ke Universitas Kristen Indonesia
last updated 26-06-2018
Kunjungan Universitas Hindu Indonesia ke Universitas Kristen Indonesia
JAKARTA, REPORTER UKI

Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Universitas Hindu Indonesia, Denpasar melakukan studi banding ke Yayasan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta (22/06). Pertemuan ini salah satunya membahas kemungkinan akan adanya kesepakatan bersama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua yayasan untuk saling membantu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Prof.Dr. phil I Ketut Ardhana, M.A, mengatakan tujuan kerjasama untuk menerapkan dan mengembangkan pendidikan, penelitian, pengabdian, sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat. Penyelenggaraan kerjasama dapat berupa kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Kolonel Purn. Dr. drs. Dewa Ketut Budiana M.Fil menjelaskan, “Universitas Hindu Indonesia memiliki program studi unggulan yaitu program studi kesehatan Ayurweda. Program studi ini mengembangkan ilmu pengobatan tradisional dengan bahan ramuan obat-obatan alami.” Perwakilan Universitas Hindu Indonesia lainnya ialah Wakil sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, I Ketut Arya Suharja dan bertindak sebagai bendahara ialah Dra. Sulandjari MA.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Yayasan UKI, Tien Handayani Nafi, S.H., M.Si dan pengurus lainnya, Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono SH., MH., MBA, beserta jajarannya, juga dihadiri oleh pimpinan Rumah Sakit UKI beserta para direktur.

Wakil rektor bidang akademik, Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., MA memberikan penjelasan tentang tata kelola UKI dan satuan audit internal Yayasan UKI. Wilson Rajagukguk juga memaparkan daftar aplikasi Unit Pengembangan Sistem Informasi (UPSI) di UKI adalah AIS (Academic Informaton System), PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru), website dan E- Journal. AIS adalah sistem akademik yang mengelola perkuliahan, nilai, kehadiran, data mahasiswa dan data dosen. E-Journal merupakan tempat publikasi jurnal yang ada di program studi, fakultas dan universitas. Sedangkan Website menjadi sarana untuk mendapatkan informasi mengenai program studi, fakultas maupun universitas. Website juga menjadi sarana promosi penerimaan mahasiswa baru.

Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Universitas Hindu Indonesia, Denpasar ingin mengetahui lebih jauh seluk beluk rumah sakit UKI. Direktur Utama Rumah sakit UKI, Dokter Dominggus M. Efruan MARS, mengutarakan bahwa rumah sakit UKI didirikan dari tahun 1973 dan menjadi rumah sakit pendidikan utama FK UKI. RS UKI menjalankan fungsi pelayanan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Selain itu rumah sakit UKI menjalankan fungsi pendidikan dan penelitian.

Acara diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan bersama kedua belah pihak, penukaran cindera mata dan foto bersama. Kesepakatan bersama ini diharapkan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama.

(FRANSISKA LUSUBA)