Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur Dukung Program Family Folder FK UKI
last updated 11-06-2018
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur Dukung Program Family Folder FK UKI
JAKARTA, REPORTER UKI

Tim Family Folder Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia menggelar audiensi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kota Administrasi Jakarta Timur, Sekretariat Kota Administrasi. Acara di gelar di Ruang rapat Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur (7/6/2018).

Hadir dalam acara ini dr. Sudung Nainggolan, MH.Sc , dr. Louisa A. Langi, M.Si, M.A., Dr.dr. Erwin Siagian, M.biomed, Prof. Dr. Charles O.P. Marpaung, M.S., perwakilan Kecamatan Makasar, perwakilan Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Program Family Folder ini juga didukung sepenuhnya oleh Puskesmas Kecamatan Makasar dan Puskesmas Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Ketua pelaksana family folder FK UKI, dr. Sudung Nainggolan MH.Sc menjelaskan bahwa Family Folder merupakan program One student saves one family, yaitu setiap mahasiswa mendampingi dan memantau status kesehatan dan ketahanan keluarga dalam satu keluarga sampai menjadi dokter. Tujuannya adalah mewujudkan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan program ini merupakan tanggung jawab sosial yang melekat pada mahasiswa, yaitu memberi wawasan kepada masyarakat.

“Kami juga mendukung aplikasi ICT di mana keluarga dapat melaporkan kondisi permasalahan kesehatan kepada dokter. Provider akan mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras sistem ini. Kami sangat berharap hasil akhirnya adalah status kesejahteraan suatu keluarga,” ujar dr. Sudung.

Louisa A. Langi, M.Si, M.A., memaparkan bahwa mahasiswa FK UKI akan memberikan Kuesioner Kesehatan Keluarga dan Ketahanan Keluarga kepada masyarakat untuk mendeteksi awal keadaan suatu keluarga. Masyarakat yang menjadi target utama dari program Family folder ini adalah anak balita, ibu hamil, dan ibu menyusui. Anak balita akan ditimbang berat badan, diukur tinggi badan, lalu dihitung apakah bayi masuk kategori balita sehat atau balita kurang. Hasil kunjungan di kelurahan akan didiskusikan dengan Badan Pusat Statistik dan dipresentasikan di hadapan Pemda setempat, perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Ikatan Dokter Indonesia Jakarta Timur, dan LSM yang bergerak di bidang ibu dan anak.

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa Politik Kota Jakarta Timur, Hamid Mas’ud, mengatakan bahwa masyarakat DKI Jakarta banyak menderita penyakit Tuberkulosis. Kehadiran dokter dari FK UKI diharapkan dapat mendeteksi dini penyakit tuberkulosis dan mengobati penyakit tersebut. Masyarakat perlu diintervensi tentang ketahanan keluarga dan cara hidup sehat.

Program Family Folder ini menjadi salah satu program pengabdian UKI kepada masyarakat. Family Forder merupakan buku catatan riwayat kesehatan dari suatu keluarga, yang berisi berkas rekam medis yang mendokumentasikan riwayat penyakit anggota keluarga sehingga dapat diketahui tingkat kesehatan keluarganya.

Program Family folder yang dilakukan mahasiswa FK UKI angkatan 2015 di Kelurahan Cawang dan dilanjutkan angkatan 2016 di Kelurahan Kebon Pala. Mahasiswa FK UKI angkatan 2015, mengunjungi 170 keluarga di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Selanjutnya mahasiswa FK UKI angkatan 2017 melaksanakan Program Family Folder pada bulan Juni 2018, di Kelurahan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

(Fransiska Lusuba)