Kerja Sama HIPMI Jaya dan UKI dalam Pengembangan Kewirausahaan
last updated 20-04-2018
Kerja Sama HIPMI Jaya dan UKI dalam Pengembangan Kewirausahaan
JAKARTA, REPORTER UKI

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Ph. D., menyampaikan, “Revolusi Industri 4.0 menunjukan bahwa batas antara fisik dengan digital semakin terintegrasi. Perubahan dunia begitu cepat dan sudah saatnya menerapkan industri 4.0. Namun, kondisi di Indonesia harus bisa memastikan kesejahteraan sosial seluruh masyarakat. Maka orang bekerja termasuk tenaga pendidik yang penuh inovasi pasti tidak akan bisa digantikan oleh teknologi.”

Universitas menjadi bagian dari tingginya pengguna internet. Pemanfaatan teknologi digital diharapkan memacu produktivitas ekonomi Indonesia. Angkatan kerja di Indonesia terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam menggunakan teknologi internet. HIPMI dapat membantu penyiapan tenaga kerja industri yang kompeten dan menjadi bagian dari ekonomi Indonesia yang baru.

Menteri Perindustrian, Ir. Airlangga Hartarto, M.M.T., MBA., hadir dalam acara tersebut sebagai Keynote Speaker, dalam materinya, beliau menjelaskan bahwa saat ini dunia sudah menghadapi revolusi industri ke 4, yaitu industri digital. Sudah banyak otomatisasi berbasis data dan internet di revolusi industri 4.0. Jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini ialah 143 juta jiwa.

“HIPMI bekerja sama dengan UKI dalam pendidikan bidang kewirausahaan. Ruang lingkup kerja sama meliputi akses pemodalan, kuliah umum, dosen tamu dan mahasiswa magang. HIPMI dapat membantu memberikan kemudahan mendapatkan sumber investasi. HIPMI memberikan ceramah tentang masalah tertentu yang boleh dihadiri mahasiswa. Lalu HIPMI menyediakan dosen tamu yang berasal dari dunia usaha,” ujar kepala Biro Hukum dan Kerjasama UKI, Dr. Lisa Kailola, S.Sos., M.Pd.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono S.H., M.H., MBA., yang dulunya pernah menjabat menjadi Ketua Umum HIPMI, menyampaikan bahwa Universitas Kristen Indonesia menyambut positif langkah kerja sama dengan HIPMI ini. UKI sudah membentuk lembaga Kewirausaahaan bagi mahasiswa yang dapat bergandengan dengan HIPMI mewujudkan kerja sama pendidikan bidang wirausaha.

“HIPMI melakukan kerja sama dengan universitas dalam bidang kewirausahaan. Pengusaha muda di Jakarta diharapkan berpartisipasi menuju Indonesia 4.0, yaitu bergerak di bidang ekonomi kreatif dan digital,” kata Ketua Umum HIPMI Jaya, Afifuddin Suhaeli Kalla.

Kerja sama ini dilakukan dengan 12 perguruan tinggi, di antaranya dengan Universitas Kristen Indonesia, Universitas Yarsi, Universitas Bina Nusantara, Kalbis Institute, Universitas Prasetya Mulya, London School of Public Relation, IBLAM Higher School of Law, ESQ Business School, YAI, Universitas Krisnadwipayana. Penandatanganan kerja sama HIPMI Jaya dengan perguruan tinggi yang dilaksanakan pada acara Diklatda HIPMI Jaya, Kamis 12 April 2018, di Ballroom 1 Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ingin mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Oleh karena itu, HIPMI DKI Jakarta menggandeng Perguruan Tinggi di Jakarta untuk berkolaborasi dan bersinergi membina generasi muda menjadi pengusaha yang profesional, kuat, dan tangguh dalam sektor usaha yang ditekuni.

(Fransiska Lusuba)