Brainstorming Kerja Sama FK UKI dan FK Unhas dalam Pengembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat
last updated 10-04-2018
Brainstorming Kerja Sama FK UKI dan FK Unhas dalam Pengembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat
JAKARTA, REPORTER UKI

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) untuk mengembangkan peminatan Ilmu Kesehatan Masyarakat di FK UKI. Perwakilan dari UKI yang hadir yaitu, Dekan FK UKI, dr. Marwito Wiyanto, M.Biomed., AIFM; Wakil Dekan FK UKI, dr. Chyntia M. Sahetapi, Sp.S; Koordinator Pelaksana Kerja Sama FK UKI dan FK Unhas, Dr. dr. Carmen Siagian; dan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama UKI, Dr. Lisa Kailola, S.Sos., M.Pd.

Pertemuan ini berlangsung pada tanggal 7-8 Maret 2018 di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Sulsel. Perwakilan dari Universitas Hasanuddin yang hadir, Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D dan Dr. dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc., Sp.GK.

“Pertemuan membicarakan tindak lanjut kerja sama antara UKI dan Universitas Hasanuddin. Salah satunya ialah pengembangan peminatan Kesehatan Masyarakat di FK UKI. Pihak Universitas Hasanuddin bersedia menjalin kerja sama dan akan dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) pada bulan Juni 2018. Kerja sama UKI dan Unhas sudah berlangsung selama lima tahun dan akan terus dilanjutkan di tahun 2018 ini,” ungkap Dr. Lisa Kailola, S.Sos., M.Pd.

Selain datang ke Makassar untuk keperluan kerja sama, Dekanat FK UKI juga menghadiri sidang Terbuka Promosi Doktor atas nama Dr. dr. Tigor P. Simanjuntak, Sp,OG., M.Kes dan Dr. dr. Robert H. Sirait. Sp.An. Keduanya merupakan dosen FK UKI yang berhasil menyelesaikan masa studi Strata Tiga (S3) Ilmu Kedokteran selama 3,5 tahun dengan predikat cumlaude.

“Pihak Universitas Hasanuddin merasa bangga karena UKI memercayakan dosennya untuk berkuliah di Unhas. Hasil penelitian disertasi keduanya sangat memuaskan. Diharapkan hasil penelitian tersebut bermanfaat bagi kemanusiaan, khususnya bidang kedokteran,” tutur Dr. Lisa Kailola.

Kedua Doktor Ilmu kedokteran ini akan kembali mengajar di UKI dan meningkatkan antusias dosen lainnya untuk melanjutkan studi di Universitas Hasanuddin.

Salah satu hasil penelitian Dr. dr. Tigor P. Simanjuntak SpOG., M.Kes adalah ekstrak Curcuma longa (kunyit) dengan dosis 125 mg/KgBB/hari dan dosis 500 mg/Kgbb/hari selama tujuh hari efektif mencegah kerusakan sel jaringan plasenta yang mengakibatkan abortus pada hamil muda dengan toksoplamosis akut. Penelitiannya dilakukan di laboratorium Patologi Anatomi Pusat Studi Satwa Primata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor dan Laboratorium Biologi Molekular dan Imunologi FK UNHAS.

Sedangkan salah satu hasil penelitian Dr. dr. Robert H. Sirait. Sp.An., ialah pemberian injeksi Lidokin 2mg/KgBB yang dapat digunakan sebagai salah satu pilihan untuk mengatasi proses peradangan (inflamasi) yang terjadi pada cedera muskuloskeletal sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

(Fransiska Lusuba)
fk-unhas-01.jpeg