English Competition, Say Yes to Asean
last updated 30-01-2018
English Competition, Say Yes to Asean
JAKARTA, REPORTER UKI

Pelajar Indonesia mempersiapkan diri dengan kemampuan bahasa Inggris untuk kedepannya dapat menghadapi persaingan dengan negara Asean. Fakultas Sastra Universitas Kristen Indonesia menyelenggarakan Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat SMA/SMK (25/01)  di ruang Seminar UKI, Jakarta. Kompetisi terdiri dari Speech Contest, Essay Writing, Story Telling dan Wall Magazine.  Juri dari kompetisi bahasa Inggris ini merupakan alumni UKI yang sudah bekerja di berbagai institusi.

Dekan Fakultas Sastra UKI Dr. Ied Veda Sitepu, S.S., M.A. menyampaikan kata sambutan, “Kami ucapkan terimakasih kepada adik adik murid SMA yang sudah datang ke UKI. Kompetisi bahasa Inggris dengan tema Yes to Asean ini sebagai ajang untuk menyalurkan bakat kreativitas dan memperkenalkan dunia sastra. Acara ini merupakan upaya untuk menumbuhkan kecintaan akan dunia sastra yang bisa memperkaya jiwa.”

Wakil rektor UKI bidang kemahasiswaan, hukum dan kerjasama, DR. Dhaniswara K. Harjono, SH. MH. MBA membuka acara dengan pemukulan gong. “ Lulusan UKI akan menjadi alumni unggulan dan memimpin bidang legislatif, yudikatif dan eksekutif. Indonesia menjadi negara anggota ASEAN dan bahasa Inggris menjadi sarana komunikasi yang  memegang peranan penting untuk bersama sama memecahkan masalah bangsa. Semoga dengan mengikuti kompetisi bahasa Inggris ini, dapat memberi kenangan ke depannya bagi murid murid SMA yang mengikuti ”, ungkap , DR. Dhaniswara K. Harjono, SH. MH. MBA.

Wakil Rektor Bidang Akademik, DR. Wilson Rajagukguk, M.SI., MA mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan bagian dari komunitas masyarakat ASEAN. Masyarakat Indonesia perlu bekerja keras untuk untuk bisa bersaing dengan negara negara ASEAN lainnya. Ketua Panitia Frederica Pieterz berpesan agar para peserta kompetisi dapat menguji kemampuan untuk membangkitkan semangat pemuda di ASEAN.

Setelah acara pembukaan, panitia segera membawa peserta ke ruangan perlombaan yang terbagi di beberapa tempat. Para murid SMA mengikuti perlombaan dengan antusias dengan persiapan yang cukup matang. Peserta story telling membawa alat peraga yang unik dan cukup membuat juri bingung menentukan pilihan pemenang. Kreativitas dan kekompakan murid SMA diuji lewat perlombaan wall magazine yang menghasilkan karya yang diuji langsung oleh pakar arsitektur UKI.

Acara dimeriahkan tarian mahasiswa Fakultas Sastra dan persembahan lagu dari salah satu juri Speech Contest, Heribertus Adolf Bastian P. A, S.Sos. Berbagai hadiah juga dibagikan kepada kontestan lewat berbagai pertanyaan kuis dari panitia. Selanjutnya peserta mengikuti seminar Yes to Asean sambil menunggu sesi final perlombaan dan pengumuman pemenang.

Pembicara seminar Yes to Asean adalah Founder Asean Youth Organization , Senjaya Mulia mengajak murid murid sekolah setelah lulus untuk bergabung dengan Asean Youth Organization agar memiliki jaringan pertemanan di negara negara asean. “Organisasi kami banyak melakukan pelatihan bahasa dan keterampilan lainnya. Kami mengajak berdiskusi tentang berbagai isu yang terjadi di negara asean. Setiap orang yang tertarik melakukan kegiatan seputar asean dapat menghubungi kami. Aktivitas organisasi kepemudaan asean ini antara lain melakukan amal, bekerjasama dengan universitas untuk berbagai pelatihan, melakukan seminar dan workshop tentang asean. Fokus kegiatan kami adalah volunteerism untuk meningkatkan pemahaman antara generasi muda dengan masyarakat, pemberdayaan pemuda yaitu memberikan pelatihan bahasa, dan peningkatan ekonomi seperti pelatihan kewirausahaan ”, ucap Senjaya Mulia

Salah satu pemenang perlombaan Mikhael Vincent dari SMA Citra Kasih merasa terharu dengan kemenangan yang ia dapat.  Mikhael Vincent memberi pendapat tentang Indonesia sebagai bagian dari Asean, “Jika warga Indonesia tidak memperbaiki diri maka akan ketinggalan di asean. Menurut saya warga Indonesia harus meningkatkan kemampuan.  Kompetisi bahasa inggris seperti ini bisa dilaksanakan di berbagai daerah.”

Hadiah kompetisi bahasa Inggris ini adalah Juara 1 mendapat uang Rp 1.500.000 dan voucher beasiswa berupa potongan SPP dan beban tetap satu semester. Juara 2 mendapat uang Rp 700.000 dan voucher beasiswa berupa potongan SPP satu semester. Juara 3 mendapat uang Rp 300.000 dan voucher beasiswa berupa potongan beban tetap satu semester. Acara ditutup dengan pembagian kenang-kenangan dan plakat kepada perwakilan setiap sekolah.

Pemenang perlombaan bahasa Inggris ini ialah :
Speech Contest
Juara 1 Cloe Dennis dari SMAK 1 Penabur
Juara 2 Andrea Nathania dari SMA Citra Kasih
Juara 3 Lingga Ekaputra dari SMA Citra Kasih

Essay Writing
Juara 1 Hosea Emilio  dari SMA High field
Juara 2 Aldo Vincent dari SMA Citra Kasih
Juara 3 Muhammad Arsyo dari SMA 68

Story telling
Juara 1 Jeannie dari SMA Don Bosco 2
Juara 2 Mikhael Vincent dari SMA Citra Kasih
Juara 3 Michelle Angelica dari SMA Citra Kasih

Wall Magazine
Juara 1 tim  dari SMAK Penabur
Juara 2 tim dari SMKN 2 Jakarta
Juara 3 tim dari SMA Santo Yosef

(Fransiska Lusuba)
yes-to-asean-2.jpgyes-to-asean-3.jpgyes-to-asean-4.jpg