Konser 30 Tahun Paduan Suara Mahasiswa UKI
last updated 05-12-2017
Konser 30 Tahun Paduan Suara Mahasiswa UKI
JAKARTA, REPORTER UKI

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UKI, wadah kegiatan mahasiswa UKI yang dikenal meraih banyak prestasi tersebut menggelar Konser 30 Tahun PSM UKI bertema “I Will Sing With The Spirit” di Goethe Haus, Jumat (20/10). Puncak perayaan 30 tahun PSM UKI dalam berkarya di ajang Paduan Suara Nasional dan Internasional ini disaksikan oleh Rektor UKI, Dr. Maruarar Siahaan, S.H., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Hukum dan Kerja Sama, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., para mahasiswa, alumni, dan tamu undangan.

PSM UKI membuka pergelaran dengan Church Gospel Songs yang memukau penonton penonton, seperti lagu Clap Your Hands (Julie Knowles), Witness (arr: Jack Halloren, Ride The Chariot (Arr : William Henry Smith), How Great Thou Art (arr : Dan Forrest). Rangkaian lagu-lagu dinyanyikan dengan lantang dengan ragam warna suara menambah minat penonton untuk tidak melewatkan kesempatan tersebut.

Faktanya, lagu-lagu tersebut ternyata memiliki sejarah dalam perjalanan berdirinya PSM UKI sejak tahun 1987. Tak heran, kualitas bakat dan suara PSM UKI yang dipimpin oleh Junita Naiborhu, S.E, pelatih sekaligus Konduktor PSM UKI tampak dari setiap lagu tersebut serta di berbagai pelayanan, seperti Pagelaran 25 Tahun UKI di Erasmus Huis, Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional I-IV, pernah juga memproduksi CD perdana, dan melayani di pemerintah dan Lembaga Kemasyarakatan.

Rektor UKI, Dr. Maruarar Siahaan, S.H., sangat mengapresiasi pergelaran ini dan memiliki mimpi besar agar PSM UKI membawa nama baik UKI di dunia internasional.

“Tahun depan, harapan saya tim ini ikut berperan di International Youth Forum dan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa UKI perwakilan Indonesia memiliki tim yang sangat kuat dan berkualitas seperti mereka. Tentu saja, kita sebagai universitas akan mendukung,” kata Rektor.

Berdasarkan pengalaman beliau saat berkunjung ke beberapa universitas Korea, momen penyambutan tamu kehormatan dalam upacara diawali dengan paduan suara dan olah raga taekwondo sebagai ciri universitas. Harapan Rektor, Universitas Kristen Indonesia juga memiliki ciri khas, “Mimpi saya, Universitas Kristen Indonesia mengembangkan pendidikan seni musik gereja sebagai modal pendidikan untuk Tim PSM UKI, yang nantinya akan dibantu oleh gereja dan pasti didukung oleh seluruh stakeholder UKI,” harapnya.

Junita Naiborhu, S.E., pelatih PSM UKI, menanggapi apresiasi dan harapan rektor dengan positif, untuk PSM UKI di masa depan. Beliau sekaligus menyampaikan special invitation untuk mengikuti kompetisi di Jepang, “Aat Nanyan Group mengajak PSM UKI untuk ikut bergabung bersama mereka di salah satu kompetisi yang diselenggarakan di Jepang. Namun, seperti yang kita ketahui butuh biaya yang cukup besar untuk bisa sampai disana. Semoga UKI bisa mewujudkannya,” ujar Junita.

Selain piawai membawakan lagu-lagu gerejawi dan musik klasik, PSM UKI juga mampu membawakan lagu-lagu daerah seperti Selayang Pandang (Melayu), Surilang (Betawi), Janger (Bali), Hela Rotan (Ambon) lengkap dengan koreografi tarian daerahnya. Tidak diragukan lagi, PSM UKI memiliki potensi besar membawa kekhasan Indonesia ke kancah Internasional. (jeh/lis)

(Liswiyanti Damora)
IMG_2115.JPGIMG_1985.JPGIMG_2115.JPGIMG_2235.JPG