Produk Puskrenov UKI Juarai lomba ENFEST 2017
last updated 30-11-2017
Produk Puskrenov UKI Juarai lomba ENFEST 2017
JAKARTA, REPORTER

Pusat Kreasi Inovasi Universitas Kristen Indonesia (Puskrenov UKI) meraih juara 3 kategori produk terbaik dalam Festival Wirausaha Kopertis Wilayah III, yang bertema The Spirit of Entrepreneur. Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 23 – 25 November 2017 di Universitas Mercu Buana, Jakarta. Produk yang dipamerkan adalah berbagai produk makanan, minuman, fesyen, serta kerajinan tangan karya mahasiswa yang dapat diproduksi dan dijual. Puskrenov UKI mengalahkan sekitar 40 produk dari perguruan tinggi swasta lainnya. Produk Puskrenov UKI yang diikutsertakan dalam pameran ini adalah lukisan mozaik tiga dimensi, tas, dan hiasan dekorasi rumah.

Susilo, S.Kom., M.T., sebagai promotor Puskrenov UKI mengatakan, keunggulan produk Puskrenov UKI adalah desain yang unik, berkarakter, penggunaan bahan dedaunan, kertas daur ulang. Salah satu produk Puskrenov UKI adalah lukisan 3D dan mozaik yang terbuat dari daun klaras yang direndam lumpur selama 2-3 minggu. Harga lukisan dari serat daun klaras ini bisa mencapai Rp1.500.000. Produk lainnya adalah tas dengan motif bunga klaras yang dijual dengan harga Rp150.000, sementara produk dekorasi rumah/interior, invitation card, event kit, dan Mini Photo Album SastraCraft dipasarkan bervariasi dengan harga Rp50.000 – Rp100.000. Khusus Pembuatan produk tas motif daun klaras dilakukan selama 1-2 hari. Puskrenov UKI menargetkan keuntungan profit sekitar 60 % dari total biaya produksi namun harga produk ditetapkan berbeda untuk setiap target pasar yang berbeda dan juga tergantung pada tingkat kerumitan desain.

“Tim penilai dari pameran produk wirausaha ini adalah Pengurus Penggerak Wirausaha Mandiri Kopertis Wilayah III yang terdiri dari praktisi, dosen, dan pengurus. Juri memberikan penilaian kepada peserta lomba produk wirausaha melalui wawancara dengan mahasiswa penjaga stand selama pameran berlangsung,” ucap Wakil Dekan FT UKI ini.

Mahasiswa yang mewakili Puskrenov UKI adalah Elda Suryani Manulang dan Lusiana dari Fakultas Sastra UKI, serta Siti Nur Intan Sibarani dari Fakultas Teknik UKI. Selain Piagam Penghargaan, Kopertis Wilayah III juga memberikan hadiah untuk pemenang lomba dengan kategori “Produk Terbaik” pada Festival wirausaha ini, yaitu beasiswa prestasi nonakademik untuk ketiga mahasiswa.

Komunitas Puskrenov berdiri sejak tahun 2014 dan memiliki beberapa kegiatan seperti seminar dan pelatihan kewirausahaan. Sampai saat ini anggota Puskrenov UKI terdiri dari mahasiswa, karyawan atau pengajar di Universitas Kristen Indonesia. Komunitas ini sendiri merupakan perwujudan dari mata kuliah kewirausahaan. Ada beberapa crafter instructor di dalam Puskrenov di antaranya: Ir. Galuh Widati, M.Sc., Ir. Liliek Dyah P, dan Susanne A.H. Sitohang, S.S., M.A. Ke depannya Puskrenov UKI diharapkan dapat menjadi pusat bisnis inkubator UKI.

(lulu)
img-02.jpegimg-01.jpeg