UKI MERIAHKAN PARADE ASEAN 50
last updated 2017-11-15 14:26:38
UKI MERIAHKAN PARADE ASEAN 50
Jakarta, Reporter UKI

Sejumlah mahasiswa/i Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia (FISIPOL UKI) turut memeriahkan acara “Parade Asean 50” yang digelar di Jakarta pada hari Minggu (27/8) lalu. Perayaan ulang tahun emas ASEAN ini dilakukan mulai dari Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia melalui Jl. M.H. Thamrin dan berakhir di Jl. Imam Bonjol, yang diresmikan dan dilepas langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Di sini, ribuan masyarakat yang hadir dihibur dengan berbagai atraksi budaya khas Indonesia.

Universitas Kristen Indonesia mendapat kehormatan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk menjadi salah satu pengisi acara Parade ASEAN 50. UKI mengirimkan 25 mahasiswanya yang berasal dari berbagai macam suku dan daerah di Indonesia sebagai delegasi dalam parade ini. Mereka menampilkan Tarian “Pangkur Sagu” asal Papua yang berhasil memukau dan mencuri perhatian para pengunjung dan beberapa media nasional. Tarian ini bercerita tentang tradisi masyarakat Papua yang sedang memanen sagu. Selain untuk menunjukan kecintaan terhadap budaya Papua, tarian ini merupakan bentuk kepedulian kaum muda terhadap masyarakat Papua.

“Bagi kami, ASEAN itu bermakna seperti sebuah tangga, di mana ada beberapa anak tangga yang saling menopang untuk dapat naik ke atas. Begitu juga berbagai negara yang bergabung dalam ASEAN, negara-negara tersebut kemudian saling bergandengan demi tercapainya kesejahteraan dan cita-cita bangsa. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia dan ASEAN menunjukkan walau masyarakat ASEAN itu beragam namun tetap saling menghargai dan peduli, karena ASEAN adalah kita,” ujar salah satu mahasiswa FISIPOL UKI yang membawakan tarian Papua.

Kemeriahan dalam parade ini menunjukan signifikansi ASEAN bagi masyarakat ASEAN pada khususnya. Parade ini mengajak kita untuk saling berbagi, mengenal, mempelajari dan menghargai budaya-budaya dari berbagai negara yang menjadi bagian dari ASEAN Community.

Tak hanya masyarakat Indonesia, masing-masing negara anggota ASEAN dan sejumlah negara sahabat seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan pun turut memeriahkan Parade ASEAN 50 dengan tari-tarian, parade kostum, dan berbagai kebudayaan khas negara mereka masing-masing.

(jes/lis)