Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI: Learning English Using Media for Teachers and Fun English for Young Learners
last updated 21-08-2019
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI: Learning English Using Media for Teachers and Fun English for Young Learners
REPORTER UKI —
“TK Al Ghazali ! Siap Saya Yes Yes Hore !”, teriak 35 murid-murid TK Al-Ghazali Islamic School, Tangerang, bersemangat mengikuti lomba sekaligus belajar bahasa Inggris bersama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (19/08). 

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI yang dilakasanakan pada tanggal 07 Agustus 2019. Pada kegiatan tersebut, para dosen dan mahasisiwa melakukan observasi dan diskusi bersama guru-guru TK terkait permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Kepala PKM Luh Angelianawati, S.Pd., M.Pd, menuturkan, “Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi pengabdian kepada masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan sekaligus merupakan wujud implementasi mata kuliah Teaching English to Young Learners. Pengenalan Bahasa Inggris dilakukan dengan cara yang menyenangkan di Yayasan Pendidikan Muhammad Syatir Al-Ghazali. Kami ingin meningkatkan kualitas guru-guruTK dalam pengajaran Bahasa Inggris. Guru guru diharapkan dapat membuat anak-anak lebih aktif dan termotivasi untuk belajar, karena kemampuan berbahasa seseorang dapat mulai diasah sejak dini. Anak-anak TK lebih mudah menyerap bahasa asing dengan cara mendengarkan dan mengalaminya, misalnya melalui kegiatan bercerita, menyanyi, dan games.”

Luh Angelianawati menambahkan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI,  menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pembelajaran Bahasa inggris. Salah satunya mampu mengajar TK dan SD dengan cara yang kreatif dan inovatif.
 
Kepala Sekolah TK AL-Ghazali Islamic School, Siti Fatimah Azzahra, M.Pd, menyambut baik kegiatan PkM tersebut. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa selama ini perkenalan bahasa Inggris kepada anak anak masih sangat sederhana baru sebatas pengenalan huruf, warna warna dasar dan angka 1-10.  Di akhir kegiatan beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi dan kolaborasi dari tim panitia PkM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI. 

Anak-anak murid TK Al-Ghazali terlihat sangat antusias ketika mewarnai pola gambar lumba-lumba dan singa dengan menggunakan kreativitas masing-masing. Gambar dengan warna paling serasi dan sesuai akan keluar menjadi pemenang. Tak kalah seru, lomba kedua ialah menyebutkan nama-nama buah dalam Bahasa Inggris. Namun sebelum menyebutkan nama buah, anak-anak harus jalan berpasangan dengan balon di kepala mereka.

“What is this? This is An Apple !” tanya seorang mahasiswa ke anak-anak murid TK Al-Ghazali, dengan mengangkat sebuah apel. Berbagai buah-buahan dan sayuran menjadi daya tarik anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris.  

Salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI, Asri Purnamasari, S.Pd., M.Ed in TESOL, menutup perlombaan dengan mengumumkan pemenang dan pembagian hadiah. Selamat ! 

IMG_2969.JPG