Kuliah Umum ‘Cooperative Banking Sector’
last updated 14-03-2019
Kuliah Umum ‘Cooperative Banking Sector’
REPORTER UKI —
Rafal Balina, Ph.D dari Warsaw University of Life Sciences di Warsawa, Polandia, memberikan kuliah umum dengan tema Cooperative Banking Sector. Program Studi Magister Manajemen UKI menggelar kuliah umum ini di ruang Video Conference, Kampus UKI, Cawang (08/02). Rafal Balina, Ph.D ialah assistant professor, Faculty of Economy Sciences, Department of Finance, Division of Banking, Warsaw University of Life Sciences di Warsawa, Polandia. 

Rafal merupakan supervisor dari Dr. Ktut Silvanita, MA, dosen tetap Magister Manajemen UKI, ketika menjalankan Mobility Exchange-Erasmus Plus di universitas tersebut di Polandia. Moderator dalam kuliah umum ini ialah T. Sunaryo, Ph.D, dosen tetap Magister Manajemen UKI.

“Kuliah umum Cooperative Banking Sector yang diselenggarakan oleh MM UKI ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian dan/atau  artikel ilmiah yang  berguna untuk perbankan di Indonesia, “ ungkap Dr. Wilson Rajagukguk.

Rafal Balina menjelaskan konteks Cooperative Bank di Negara Polandia. Cooperative Bank dibentuk dari beberapa anggota sebagai pemilik sekaligus sebagai nasabah bank tersebut. Cooperative Bank merupakan bank yang dibentuk dan beroperasi di daerah rural, dimana pemilik bank pada umumnya mengenal nasabahnya yang tinggal di daerah operasional bank tersebut. Cooperative Bank lebih tahan terhadap krisis ekonomi, membantu mengatasi kemiskinan dan stagnasi ekonomi, serta memberikan stimulasi perkembangan ekonomi suatu wilayah, mendukung pemberian pinjaman kepada sektor rumah tangga dan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Cooperative Bank di Polandia berkembang sejak 160 tahun yang lalu sebagai penggerak aktivitas sosial ekonomi. Cooperative Bank dapat menstabilkan perekonomian dan menyediakan akses keuangan bahkan sampai area terpencil di Polandia,” ujar Rafal Balina.

Kuliah umum dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., MA, kepala program studi MM UKI, Dr. Poerwaningsih Soekarno, SE., MSTr, Ketua Program Studi MM UKI, sebagai penyelenggara acara, dan para dosen MM dan FEB UKI, serta mahasiswa Prodi MM UKI.