Prodi Kimia FKIP UKI Mulai Lahirkan Mahasiswa Berprestasi Nasional
last updated 20-06-2018
Prodi Kimia FKIP UKI Mulai Lahirkan Mahasiswa Berprestasi Nasional
Jakarta VoE FKIP UKI —

Selasa, 12 Juni 2018, tiga mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia mengenakan jaket almamater berwarna biru, enerjik dan penuh semangat. Parlindungan Pardede, Dekan FKIP menyampaikan dukungannya kepada tiga mahasiswa tersebut, “Saya dan Wakil Dekan ikut mendukung dan meyakinkan adik-adik agar dapat menyelesaikan penelitian PKM yang didanai oleh Kemenristekdikti dengan baik,” ujar beliau .

Sebelumnya, tiga mahasiswi tersebut dinyatakan sebagai salah satu tim pemenang hibah untuk kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM PE) 2018 oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti .

Lusi Nuriati Sitorus, Ketua Tim PKM menjelaskan latar belakang Proposal Penelitian “Analisis Laju Perubahan Oksigen Terlarut (DO) dan Tingkat Keasaman (pH) Air Sekitar Muara Angke”. Penelitian berawal dari  kuliah lapangan yang dilakukan di Pelabuhan Muara Angke tahun lalu. Tim PKM melakukan observasi terhadap lingkungan pelabuhan dan menemukan polusi udara yaitu bau menyengat pada air yang tentu berdampak pada air tanah. Masyarakat sekitar tidak mungkin menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengalaman itu menginspirasi mereka untuk mengikuti kompetisi hibah PKM Kemenristekdikti yang diumumkan Biro Kemahasiswaan UKI. Dosen Pembina HMPS Prodi Pendidikan Kimia sekaligus pengampu Mata Kuliah “Kimia Fisika I-Kinetika Reaksi (Laju Reaksi)”, Ibu Leony, secara proaktif memberikan masukan. Setelah melewati tahap review dan diskusi, hal yadiputuskan untuk meneliti sifat atau kandungan air yang ada di Muara Angke, khususnya tentang pH (Tingkat Keasaman) dan DO (Oksigen Terlarut).

Untuk menjaring data awal yang komprehensif, Lusi dan kedua temannya menyambangi warga masyarakat sekitar Muara Angke. Ditemukan bahwa sebagian masyarakat disana menggunakan air yang dipasok PT. PDAM dan sebagian lagi membeli air seharga Rp. 5.000/jerigen. Dengan bimbingan dan dorongan Bu Leony, ke tiga mahasiswi ayu namun lincah dan enerjik itu berhasil menyelesaikan pembuatan proposal dan persyaratan lainnya.

“Hasil penelitian ini nantinya bisa menjadi landasan penelitian lanjutan untuk membuat alat pemurnian air seperti yang ada di sekitar Muara Angke agar dapat digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari,” Ibu Leony, dosen berpembawaan tenang dan murah senyum ini, menambahkan.

Sebelum mengakhiri perbincangan, Bapak Dekan menandaskan, “FKIP UKI sangat senang dengan capaian kalian. Tahun lalu, Tim PKM Prodi Fisika kita melakukan hal yang sama. Capaian di bidang PKM ini adalah salah satu bukti pendekatan perkuliahan yang berpusat pada mahasiswa (students-centered), filosofi konstruktivisme dan pandangan “Students are producers, not consumers, of knowledge” mulai membuahkan hasil. Terus kembangkan pemikiran kritis kreatif kalian. Bina terus semangat kerjasama tim. Asah kepedulian pada kebutuhan masyarakat. Kalian akan menjadi bagian anak bangsa yang berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan dan pembangunan bangsa.’

“Kami selalu siap mendukung keberhasilan kalian. Setiap saat, silahkan berkonsultasi kepada Bu Leony, Kaprodi, ataupun kepada saya dan Pak Dekan. Tim kalian ini harus berhasil menyelesaikan misinya dengan baik, supaya calon tim-tim PKM dari semua program studi kita, yang saya yakin siap berkarya di tahun-tahun berikut, bisa terinspirasi bercermin pada pengalaman kalian,” imbuh Wakil Dekan, Bapak Kerdid Simbolon, M.Pd.

Selamat berkarya dan mengukir prestasi buat Lusi Nuriati Sitorus, Fenny Maria dan Anggia Murni. Selamat dan sukses juga buat Ibu Leony Sanga Lamsari Purba, M.Pd.

pkm1.jpgpkm2.jpgpkm-2a.jpgpkm-3a.jpg