Mahasiswa/i UKI Ikuti Seleksi ON-MIPA Perguruan Tinggi 2018
last updated 10-04-2018
Mahasiswa/i UKI Ikuti Seleksi ON-MIPA Perguruan Tinggi 2018
REPORTER UKI —

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristekdikti) menggelar Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2018. Seleksi tingkat wilayah ON- MIPA PT tahun 2018 dilaksanakan serentak di 14 wilayah pada tanggal 21 – 22 Maret 2018. Selama dua hari ini peserta olimpiade dari seluruh wilayah Indonesia berkompetisi menunjukkan kemampuannya dalam bidang Ilmu Dasar Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia dalam ajang Olimpiade Matematika dan IPA Perguruan Tinggi.

Dua puluh tiga mahasiswa/i Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UKI) dan Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia (FT UKI) mengikuti seleksi tingkat wilayah ON MIPA- PT 2018 di Kampus UHAMKA, Jakarta Timur. Mahasiswa UKI didampingi oleh empat dosen pembimbing yaitu, Laurensius Sihotang, M.Pd., Maslina Simanjuntak, M.Pd., Taat Guswantoro S.Si., M.Si., dan Elferida Sormin, S.Si., M.Pd. Koordinator UKI untuk mengikuti kompetisi ON MIPA- PT ialah Samuel Gideon, M.Si., Dosen FKIP.

Kepala Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan Kopertis Wilayah III, Sri Mastuti S.Kom, M.Kom mengungkapkan, “Peserta olimpiade dari Kopertis Wilayah  III sebanyak 533 mahasiswa. Peserta yang mengikuti berasal dari 5 PTN dan 20 PTS di Jabodetabek dan Banten. Perguruan tinggi yang memiliki Program Studi MIPA akan berbeda kemampuannya dengan yang tidak memiliki Prodi MIPA. Kami sangat berharap ada pemenang dari Kopertis Wilayah III yang mewakili Indonesia dan dapat mengikuti perlombaan di tingkat internasional.”

Olimpiade Nasional Matematika dan IPA atau On-MIPA telah diselenggarakan sejak tahun 2009. Salah satu tujuan penyelenggaraan On-MIPA yaitu meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, serta meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap ilmu-ilmu dasar, sehingga kemampuan dasar masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan dan memiliki daya saing dengan negara lain.

Kepala Program Studi Fisika UKI, Taat Guswantoro S.Si., M.Si, mengatakan bahwa mahasiswa UKI khususnya Program Studi Pendidikan Fisika telah mengikuti pelatihan selama sebulan sebelum mengikuti perlombaan. Persiapan meliputi pembahasan materi dan latihan dari soal soal sebelumnya.

“Kami optimis ada yang bisa lolos ke tingkat nasional jika mahasiswa berlatih setiap hari. Materi yang ada di kampus belum tentu sesuai dengan materi di perlombaan. Mahasiswa diharapkan memperdalam materi dengan berlatih sendiri dengan bertanya ke dosen dan senior. Saat perlombaan ini, kami juga berkenalan dengan mahasiswa dan dosen lain sehingga dapat bertukar informasi dan pengalaman, “ ujar Taat.

Mahasiswa yang lolos dengan predikat juara I dan II On-MIPA perguruan tinggi tingkat wilayah berkesempatan melanjutkan kompetisi di tingkat nasional (seleksi tahap III). Pada tahap III, para peserta akan memperebutkan medali emas, perak, perunggu, dan predikat honourable mention.