Program Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menular di Puskesmas Kelurahan Duren Sawit
last updated 16-12-2017
Program Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menular di Puskesmas Kelurahan Duren Sawit
REPORTER UKI —

Penyakit penyakit menular (Malaria, HIV/AIDS, Demam Berdarah Dengue/DBD, Tuberculosis TB, dll) saat ini masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat, berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan angka kesakitan dan kematian serta mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai selama ini. Mengeliminir kendala dan hambatan yang dijumpai saat pelaksanaan program dengan mengikutsertakan peranserta masyarakat merupakan upaya yang perlu terus ditingkatkan.

Sejak tahun 2000 strategi DOTS dilaksanakan secara Nasional terutama Puskesmas yang di integrasikan dalam pelayanan kesehatan dasar. Tujuan dari program pemberantasan penyakit menular TB terdiri dari yaitu: menemukan kasus penyakit menular TB sedini mungkin, mengurangi berbagai faktor resiko lingkungan masyarakat yang memudahkan penyebaran terjadinya penyakit menular TB disuatu tempat, memberikan proteksi khusus kepada kelornpok masyarakat tertentu agar terhindar dari Penularan penyakit.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 dengan melihat data kunjungan pasien TB dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember tahun 2016. Pada penelitian ini, data pasien tersebut dinilai presentasenya dengan melihat jumlah umur penderita TB terbanyak, kemudian dilihat juga pengobatan yang diberikan untuk pasien berhasil atau tidak.

Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut ditemukan jumlah pasien dengan diagnsosis TB di poli pengobatan umum Puskesmas Duren Sawit pada tahun 2016 yakni kelompok usia 21-30 tahun yang paling banyak menderita TB yakni 12 pasien. Untuk karakteristik bulan paling banyak terjadi pada bulan Febuari dan Mei. Usia paling banyak terdiagnosis TB sesuai dengan penelitian oleh WHO pada Tahun 2004 bahwa sekitar 75% pasien TB adalah kelompok usia yang paling produktif secara ekonomis yakni 15-50 tahun. Menurut Riskesdas Tahun 2013 prevalensi TB positif per 100.000 penduduk umur 15 tahun keatas sebesar 257 orang.

Bila di kaji tentang realisasi program dengan instrumen output menunjukan bahwa, tiga (3) tujuan utama dari program pemberantasan penyakit menular TB di Puskesmas Kelurahan Duren Sawit. Dalam pelaksanaannya belum secara efektif dan

efisien di lakukan, atau hasilnya belum maksimal. Masalah-masalah yang mempengaruhi realisasi program pemberantasan penyakit menular TB dipuskesmas kelurahan Duren Sawit, keterbatasan sumber daya manusia merupakan masalah utama yang perlu diperhatikan oleh pihak puskesmas setempat agar dapat berlangsungnya peningkatan program kerja.Saran yang dapat diberikan yaitu: Puskesmas Kelurahan Duren Sawit, perlu meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat menekan jumlah penderita TB serta perlu ditingkatkan sumber daya manusia dan metode penyuluhan yang tepat dan kualitas kontinyu, terhadap program pemberantasan penyakit menular TB di Puskesmas Kelurahan Duren Sawit.

Kegiatan screening TB bersama tim KPLDH bulan November 2017 Kegiatan evaluasi tinjauan Program Puskesmas